6 Cara Mengatasi Baterai Tanam yang Kembung

Redaksi

Cara Mengatasi Baterai Tanam yang Kembung

Corong Nusantara – Setiap hari manusia selalu menggunakan ponselnya secara berlebihan. Bahkan daya sudah lama tetap dipakai telepon dalam waktu yang lama. Tak heran bila sering terjadi masalah seperti kerusakan pada baterai. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja cara mengatasi baterai tanam yang kembung.

Beberapa Cara Mengatasi Baterai Tanam yang Kembung

Bagi Anda yang saat ini tengah mengalami masalah serupa yakni overheat atau overcharging sebaiknya jangan buru-buru untuk membeli yang baru, karena ternyata ada solusi atas hal tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai macam solusi mudah dan praktis untuk mengatasinya.

1. Stop Pakai Cas Kodok atau Desktop

Diantara kalian pasti ada yang sudah pernah atau terpaksa sering menggunakan cas kodok atau desktop karena charger biasa sedang rusak. Sebaiknya berhenti sekarang juga, karena saat ini pasti baterai Anda sudah mulai kembung dan bersiap mengalami kerusakan.

Kalaupun tidak punya charger normal lebih baik meminjamnya dulu pada teman, tetangga atau orang tua. Pemakaian cas kodok atau desktop akan mengganggu daya baterai karena tegangan yang diberikan berbeda dan tidak seimbang. Bisa-bisa baterai justru langsung rusak dalam jangka waktu tidak lama.

2. Tekan Permukaan atas dan Bawah Baterai

Baca Juga :  Cara Mengatasi Hp Panas dan Baterai Cepat Habis

Cara mengatasi baterai tanam yang kembung selanjutnya adalah dengan menekan kedua permukaan atas dan dasarnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan dorongan untuk mengeluarkan angin yang ada di dalam. Sehingga bisa kembali ke bentuk semula, yakni pipih dan datar serta mengempis permanen.

Walaupun terlihat mudah cara ini sebenarnya cukup rumit, karena jika tidak berhati-hati maka bisa saja justru akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah lagi. Biasanya banyak orang menggunakan media jarum sebagai alat bantu dimasukkan pada bagian kembung hingga memberi ruang pada angin sebagai jalan keluarnya.

3. Masukkan ke Dalam Kulkas

Seperti yang sudah dikatakan, salah satu faktor baterai bisa kembung adalah karena terjadinya overheat atau kondisi terlalu panas. Anda bisa menormalkan kembali suhunya dengan memasukkan ke dalam kulkas. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar baterai menyusut dan kembali ke bentuk semula.

Caranya adalah dengan meletakkan baterai ke dalam kulkas dan diamkan selama 24 jam. Akan lebih baik lagi jika kondisinya sudah kosong atau daya habis. Namun sebelum dipasang kembali Anda harus mengeringkan dulu, bisa dengan dilap saja atau diangin-anginkan. Tidak perlu sampai dijemur.

4. Jangan Cas Terlalu Lama

Banyak orang beranggapan jika cas ponsel semalaman penuh maka akan membuatnya menjadi lebih tahan lama. Hal tersebut tidak benar adanya, sebaliknya justru akan mengakibatkan baterai kembung dan tidak bisa dipakai lagi. Untuk itu cukup cas saja dengan waktu normal maksimal 2 jam.

Baca Juga :  2 Cara Mengecek Kesehatan Baterai VIVO Yang Wajib Dicoba

Jika baterai sudah terlihat full atau penuh maka Anda bisa mencabutnya, menggunakan seperti biasa kemudian cas lagi jika dayanya sudah mau habis. Dengan begitu baterai akan lebih awet. Anda juga bisa mendiamkan dulu selama 10 menit setelah keadaan full 100% agar baterai lebih tahan lama.

5. Hapus Aplikasi dengan Ukuran Besar

Biasanya faktor baterai kembung juga tidak hanya dari waktu cas yang lama atau overheat. Melainkan pemakaian aplikasi dengan size besar dan berat juga bisa saja menjadi pemicunya. Untuk itu jika sudah tahu baterai mengalami kerusakan sebaiknya segera hentikan dan hapus saja software tersebut.

Game online, edit foto adalah macam-macam contoh dari aplikasi yang biasanya memakan terlalu banyak ruang pada ponsel dan daya baterai. Memainkan permainan online terlalu lama sebaiknya juga mulai dikurangi agar baterai bisa awet dan tidak harus selalu beli yang baru lagi.

6. Mengganti dengan Baterai Baru Saja

Solusi terakhir jika semua langkah sudah dilakukan namun tetap tidak bisa membuat baterai kembali ke bentuk awal adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Karena jika terlalu dipaksakan untuk terus dipakai justru akan merusak komponen lainnya pada ponsel. Bisa tambah mahal biaya perbaikannya.

Baca Juga :  Realme Ungkap Rahasia Pengisian Baterai Super Cepat 240W Pada Realme GT3

Sebenarnya cara ini bisa juga dilakukan sebagai antisipasi sebelum masalah terjadi. Masih banyak alternatif lain bisa dicoba. Namun cara mengatasi baterai tanam yang kembung paling familiar adalah seperti poin-poin di atas tadi.

Also Read