Daerah  

PMI Terima Donor Darah bagi Penyintas Covid-19

SAMPIT/TABENGAN.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini mulai menerima pelayanan donor darah bagi para penyintas Covid-19 melakukan donor darah plasma konvalesen.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kotim Yuendri Irawanto mengatakan pelayanan donor darah khusus para penyintas Covid-19 sudah dilakukan sejak Rabu (30/12/2020) lalu. Sistem yang pihaknya lakukan hanya jika ada permintaan plasma konvalesen dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Sebab kita tidak punya tempat penyimpanan untuk stok. Sedangkan darah hanya mampu bertahan pada waktu 24 jam saja, sehingga jika ada permintaan saat itu juga kita berikan,” ujarnya, Senin (04/01/2021).

Ia juga menjelaskan ada beberapa kriteria darah yang bisa dijadikan plasma konvalesen, salah satunya yakni titer antibodinya harus senilai 1/80 ke atas.  Jika nilai titer antibodinya di bawah nilai tersebut, maka pihaknya tidak mengolah darah itu  karena dianggap merupakan darah biasa.

Menurutnya permintaan untuk plasma konvalesen saat ini belum terlalu banyak, namun beberapa warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah pernah meminta. Bahkan menurutnya, sebelum pihaknya membuka layanan itu, ada keluarga pasien Covid-19 yang meminta plasma konvalesen. Hingga pihaknya mencarikan donor plasma konvalesen ke luar daerah.

“Sempat kita carikan dua kantong plasma konvalesen dan waktu itu kita dapatnya di Tangerang,” ucapnya.

Kemudian ia juga menyarankan agar para pasien yang hendak menggunakan plasma konvalesen, sebaiknya digunakan sebelum kondisi pasien parah. Sebab jika baru digunakan ketika kondisi pasien sudah parah, kemungkinan untuk sembuh dari Covid-19 besar, namun tidak menyembuhkan penyakit lainnya yang mungkin sudah terlanjur parah. c-may

 

Tinggalkan Balasan