Tekno  

Jenis dan Bagaimana Cara Kerja Web Hosting yang Harus Kamu Tahu

Jenis dan Bagaimana Cara Kerja Web Hosting yang Harus Kamu Tahu
ilistrasi/pixabay

Di dunia hosting, salah satu hal yang harus kamu pahami adalah bagaimana cara kerja web hosting itu sendiri. Apalagi sekarang bisnis tanpa memanfaatkan website tidak jauh berbeda dengan harimau tanpa gigi. Memang kamu tetap bisa mendapatkan pelanggan, namun jangkauan pasar akan cenderung terbatas.

Saat ini, ada banyak jasa yang menawarkan sewa server murah. Kamu hanya perlu mencermati kira-kira jasa mana yang mampu memberikan penawaran terbaik untuk membantu websitemu muncul di internet. Namun, sebelumnya pahami dulu apa itu web hosting. Simak di sini!

Apa itu Web Hosting?

Web hosting merupakan layanan berfungsi untuk membuat website muncul di internet dan merupakan bagian yang menyediakan space server, serta berperan untuk menjaga server agar tetap aktif dan mampu berjalan sebagaimana mestinya.

Selain itu, web hosting juga berperan untuk mempermudah semua konten yang berasal dari server menuju website.

Cara Kerja Web Hosting

Lalu bagaimana cara kerja web hosting? Jika ini pertama kalinya kamu mempunyai keinginan untuk membuat website, maka kamu harus tahu perusahaan mana yang menyediakan space server besar. Karena seluruh data yang kamu miliki tersebut akan tersimpan secara menyeluruh.

Jadi, semua data mengenai website tersebut, mulai dari video, gambar, foto, dan sebagainya akan tersimpan pada web hosting. Setelah itu, para pengguna bisa menampilkan data yang diberikan sesuai kebutuhan pengguna.

Space server tidak jauh berbeda dengan persewaan. Artinya, ketika kamu berlangganan koran digital, maka nanti biaya akan dibebankan kepadamu. Setelah itu, kamu bisa menentukan biaya berlangganan apakah per bulan maupun per tahun, sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Web Hosting

Setelah kamu memahami bagaimana cara kerja web hosting, kamu juga harus mengetahui jenisnya. Setiap jasa web hosting hadir dengan penawaran yang berbeda sesuatu kebutuhan klien. Semakin sering pelanggan mengakses website, maka space server akan semakin besar. Berikut penjelasan tentang jenis-jenisnya:

1. Shared Hosting

Jenis web hosting pertama, yaitu shared hosting. Bagi yang baru mulai terjun ke dunia website maka disarankan memilih shared hosting. Karena jenis yang pertama ini mudah dan sederhana. Melalui shared hosting, kamu bisa membagi server ke klien yang lain untuk penyedia layanan atau provider yang sama.

2. VPS Hosting

Selanjutnya, VPS hosting yang lebih diperuntukkan untuk website yang mempunyai trafik tinggi. Mungkin website yang kamu miliki sekarang masih berbagi server. Namun, penyedia layanan sudah memberikan porsi lebih banyak. Sehingga terdapat alokasi khusus untuk kebutuhan computing dan memori.

3. Cloud Hosting

Banyak bisnis berskala besar memanfaatkan cloud hosting. Melalui jenis hosting ini, website bisa dikelompokkan ke beberapa server. Sehingga, ketika terdapat trafik yang cukup padat kamu tidak perlu khawatir. Karena secara otomatis website akan berpindah ke server yang lain.

4. WordPress Hosting

Sesuai namanya, ini merupakan jenis web hosting untuk pengguna WordPress dan tidak jauh berbeda dengan shared hosting. Namun, pada WordPress pengaturannya lebih optimal. Sehingga, menyebabkan loading lebih cepat dan bisa membuat website terhindar dari banyak masalah.

Sudah Paham Tentang Bagaimana Cara Kerja Web Hosting?

Demikian pembahasan seputar bagaimana cara kerja web hosting. Sekarang kamu juga mengetahui beberapa jenis web hosting tersebut sehingga tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu dan jangan lupa beli hosting domain dan VPS di Niagahoster. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan