Cara Mengubah Kuota Edukasi Tri Menjadi Kuota Reguler Tanpa Aplikasi

Redaksi

Cara Mengubah Kuota Edukasi Tri Menjadi Kuota Reguler Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Kuota Edukasi Tri Menjadi Kuota Reguler Tanpa Aplikasi – Tri menyediakan layanan paket kuota edukasi yang khusus digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi penunjang edukasi saja. Jenis kuota ini tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi lain, bahkan juga untuk browsing di internet.

Namun, ada trik khusus yang bisa dilakukan agar kuota edukasi Tri ini bisa dijadikan kuota reguler atau kuota utama. Setelah diubah menjadi kuota reguler, nantinya kuota tersebut bisa kita gunakan untuk mengakses berbagai jenis aplikasi online lain. Melakukannya bahkan kita tidak perlu tambahan aplikasi di HP. Berikut cara mengubah kuota edukasi Tri menjadi kuota reguler tanpa aplikasi yang mudah bisa Anda simak dan terapkan.

Apa Itu Kuota Edukasi Tri?

Kuota Edukasi merupakan salah satu paket kuota internet yang dihadirkan oleh Tri untuk para pelajar di Indonesi sebagai penunjang aktivitas belajar online atau daring. Selama masa pandemi yang berkepanjangan, sekolah daring memang diberlakukan di hampir semua wilayah di Indonesia. Dalam hal ini para siswa diwajibkan untuk belajar secara daring menggunakan aplikasi penunjang, seperti aplikasi meeting, aplikasi edukasi dan lain sebagainya.

Dan kuota edukasi ini khusus hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa jenis aplikasi penunjang sekolah online tersebut. Bahkan pemerintah sudah bekerja sama dengan para provider untuk menyediakan paket edukasi secara gratis, meskipun ada beberapa yang perlu membeli paket namun dengan harga sangat murah.

Baca Juga :  2 Cara Mengubah Kuota TikTok Axis Menjadi Kuota Reguler

Ada kalanya kuota edukasi yang diberikan tidak habis dan masa aktifnya sudah mau habis. Untuk itu, agar tidak mubazir kita bisa mengubahnya menjadi kuota utama atau kuota reguler. Nantinya kuota edukasi yang sudah diubah ini memungkinkan untuk digunakan mengakses aplikasi selain yang sudah ditentukan. Bahkan juga bisa digunakan untuk streaming film dan bermain game online.

Cara Mengubah Kuota Edukasi Tri Menjadi Kuota Reguler Tanpa Aplikasi

Paling mudah memang mengubah kuota edukasi Tri menjadi kuota utama dengan menggunakan aplikasi tambahan. Bisa menggunakan aplikasi Psiphon Pro, HTTP Custom, HTTP Injector, KPN Tunnel Rev dan lain sebagainya. Kuota bahkan bisa diubah secara instan yang nantinya kuota dapat digunakan untuk mengakses apa pun.

Akan tetapi, menurut beberapa orang cara ini dianggap cukup rumit. Selain itu, menginstall aplikasi tambahan akan memakan banyak ruang memori internal, sehingga membuatnya semakin sesak. Tenang saja, ada solusi terbaik untuk mengubah kuota edukasi 3 menjadi kuota reguler dengan tanpa aplikasi tambahan.

Adapun cara mengubah kuota edukasi Tri menjadi kuota reguler tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Langkah yang pertama Anda buka menu Pengaturan atau Settings di perangkat smartphone.

2. Kemudian masuk ke opsi Koneksi atau Network.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Kuota Streaming Kartu 3 yang Mudah

3. Selanjutnya klik pada opsi Jaringan Seluler.

4. Lalu pilih opsi SIM1 atau SIM2 sesuai Anda meletakkan kartu Tri di HP.

5. Lanjutkan dengan klik opsi Nama Akses Poin atau Access Point Name / APN.

6. Di sana Anda akan melihat beberapa APN yang tersedia secara default. Sekarang Anda buat APN baru dengan klik ikon Tambah yang ada di bagian kanan atas tampilan.

7. Selanjutnya isi APN baru sesuai data di bawah ini.

Nama: APN Edukasi

APN: gprs5.vipnet.hr

Proxy: 10.19.19.19

Port: 8080

Nama pengguna: tri

Sandi: Tri

Server: 8.8.8.8

Protokol APN: IPv4

Protokol roaming APN: IPv4

8. Jika sudah, klik Simpan APN baru. Kemudian jadikan APN baru tersebut sebagai APN default.

9. Sekarang lakukan restart HP dan tunggu hingga menyala lagi. Aktifkan koneksi data seluler dan HP sudah siap digunakan untuk mengakses internet.

10. Selesai.

Itulah tadi cara mengubah kuota edukasi Tri menjadi kuota reguler tanpa aplikasi yang mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Also Read