Cara Mengecek IMEI iPhone 2023 di Indonesia

Deny Budianto

Cara Mengecek IMEI iPhone 2023 di Indonesia

Pengen punya iPhone? Siapa yang tidak ingin memiliki salah satu produk buatan Apple ini? Namun, sebelum kamu membelinya, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan, terutama jika kamu berencana membeli iPhone bekas atau ingin memastikan keaslian produk yang kamu beli. Hal ini berkaitan dengan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity), yang merupakan nomor identifikasi unik berisi 15 digit pada iPhone kamu.

Kenapa Kamu Harus Mengecek IMEI iPhone?

Sebelum kita masuk ke cara-cara mengecek IMEI iPhone, mari kita bahas mengapa hal ini penting. Pemerintah Indonesia telah menerapkan aturan yang melibatkan IMEI sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi produk iPhone “black market” atau BM. Apa itu ponsel BM? Ini merujuk pada iPhone yang tidak memiliki pembayaran bea cukai yang sesuai. Jadi, jika kamu ingin memastikan iPhone yang kamu beli adalah produk resmi dan legal, mengecek IMEI adalah langkah yang penting.

Dampak dari aturan IMEI ini adalah pemblokiran ponsel ilegal. Jadi, jika aturan ini diberlakukan, ponsel BM tidak akan bisa digunakan lagi. Di Indonesia, banyak iPhone yang dijual oleh perorangan atau distributor non-resmi. Beberapa di antaranya adalah produk impor pribadi tanpa pembayaran bea cukai yang benar. Untuk memastikan bahwa ponsel yang kamu beli adalah produk resmi, kamu dapat memeriksa IMEI melalui situs resmi Kementerian Perindustrian di https://imei.kemenperin.go.id/. Nomor IMEI ini dapat kamu temukan dengan beberapa cara yang akan kita bahas selanjutnya.

Baca Juga :  Penting, Cara Cek Nomor IMEI di HP Android Terbaru

Cara-Cara Mengecek IMEI iPhone

1. Cek di Bagian Belakang Bodi iPhone

Cara pertama untuk mengecek nomor IMEI adalah dengan melihatnya langsung pada bagian belakang bodi iPhone. Nomor IMEI tertera pada iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Pro, iPad, dan iPod touch. Jadi, jika kamu memiliki salah satu dari perangkat ini, cukup lihat di bagian belakang bodi mereka untuk menemukan nomor IMEI.

2. Slot Kartu SIM

Jika kamu tidak menemukan nomor IMEI di bagian belakang bodi iPhone kamu, kemungkinan besar perangkat kamu adalah seri lama. Nomor IMEI pada perangkat tersebut mungkin terletak pada bagian slot kartu SIM. Untuk menemukannya, cukup buka slot kartu SIM pada sisi iPhone kamu (pastikan iPhone dalam keadaan non-aktif). Setelah slot kartu SIM dilepas, kamu bisa melihat nomor IMEI yang tertera pada lempeng logam kartu SIM. Pastikan untuk mencatat semua 15 digit nomor tersebut.

3. Panggilan Telepon

Cara lain untuk mengecek nomor IMEI adalah dengan membuat panggilan telepon. Tekan *#06# dan tekan tombol dial. Setelah itu, akan muncul dialog box baru yang berisi 15 digit nomor seri IMEI. Catat nomor ini dan simpan dengan baik.

Baca Juga :  7 Cara Cek IMEI iPhone Lengkap

4. Pengaturan iPhone

Jika kamu ingin mengecek nomor IMEI melalui pengaturan perangkat iPhone, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu “Settings” (Pengaturan).
  • Pilih “General” (Umum).
  • Gulir ke bawah dan pilih “About” (Tentang).
  • Cari nomor IMEI yang terdiri dari 15 digit.

5. Melalui iTunes

Kamu juga dapat menemukan nomor IMEI melalui aplikasi iTunes. Berikut langkah-langkahnya:

  • Sambungkan perangkat iOS kamu ke komputer (laptop atau desktop).
  • Buka aplikasi iTunes.
  • Klik nama perangkat yang ingin kamu lihat informasinya.
  • Untuk iPhone, klik nomor telepon untuk menampilkan IMEI.

6. Situs Apple ID

Selain itu, kamu juga bisa mengecek nomor IMEI melalui situs appleid.apple.com dari browser web. Lakukan login dengan ID Apple yang digunakan pada perangkat Apple yang ingin kamu cari tahu nomor IMEI-nya. Temukan pilihan “Device” (Perangkat) untuk melihat nomor seri dan IMEI.

7. Situs Resmi Kemenperin

Terakhir, kamu dapat menggunakan situs resmi Kementerian Perindustrian Indonesia di https://imei.kemenperin.go.id/ untuk mengecek nomor IMEI. Masukkan nomor IMEI yang sudah kamu temukan melalui salah satu cara di atas, lalu klik logo kaca pembesar. Jika ada tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin,” berarti iPhone yang kamu beli adalah produk resmi. Namun, jika ada tulisan “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin,” berarti iPhone tersebut adalah BM. Meski begitu, kamu masih bisa mendaftarkan IMEI ke Kemenperin dengan membayar bea cukai.

Baca Juga :  Penting, Cara Cek Nomor IMEI di HP Android Terbaru

Mendukung Pemerintah dan Menjaga Kualitas

Selain menjaga agar iPhone kamu legal dan tidak terkena pemblokiran, mengecek IMEI juga merupakan dukungan kepada pemerintah dalam upaya mengurangi peredaran produk ilegal. Selain itu, dengan membeli produk resmi, kamu juga mendukung distributor resmi dan dapat menikmati garansi serta layanan purnajual yang lebih baik.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli iPhone, pastikan untuk melakukan pemeriksaan IMEI. Ini akan membantu kamu memastikan bahwa kamu mendapatkan produk yang resmi dan berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat dalam memilih iPhone yang tepat untukmu!

Also Read