5 Aplikasi Pengukur Luas Tanah Di Smartphone Yang Wajib Dicoba

Redaksi

5 Aplikasi Pengukur Luas Tanah Di Smartphone Yang Bisa Dicoba

Aplikasi Pengukur Luas Tanah – Di masa teknologi yang serba canggih ini, tentunya banyak inovasi dalam teknologi yang semakin berkembang. Seperti saat pengguna ingin mengukur luas sebidang tanah, maka tidak perlu menghitung manual. Sebab ada aplikasi pengukur luas tanah yang bisa digunakan.

Dengan adanya aplikasi ini, pengguna tidak memerlukan meteran lagi hingga keliling luas tanah, namun hanya tinggal klik saja. Aplikasi-aplikasi ini juga terbilang akurat untuk melakukan pengukuran pada sebisa tanah. Sehingga tidak perlu khawatir lagi akan fungsi yang dimilikinya, berikut aplikasinya:

5 Aplikasi Pengukur Luas Tanah Di Smartphone

1. Google Maps

Aplikasi pertama yang bisa pengguna gunakan adalah aplikasi yang merupakan aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh pihak Google LLC. Bagi pengguna smartphone Android, juga tidak perlu mengunduhnya lagi. Sebab kebanyakan tipe android sudah dilengkapi dengan fitur Google Maps ini.

Namun perlu diingat, bahwa google maps ini hanya akan memberikan gambaran pasti berupa geografi dari wilayah tanah tersebut. Namun juga bisa digunakan untuk mengetahui besar luasannya tanah yang dihitung. Jadi akan tetap membantu, meski hasilnya tidak seakurat saat mengukur manual.

2. Area Calculator

Selain aplikasi yang dikembangkan oleh google LLC, ada juga aplikasi lain bernama Area Calculator. Untuk mengetahui luasan suatu wilayah tanah, pengguna juga hanya perlu tap saja pada peta yang sudah disediakan. Maka, akan langsung ditampilkan ukuran dari wilayah itu.

Baca Juga :  Cara Bikin Film yang Digarap Hanya dengan Smartphone

Pengguna juga bisa menghilangkan tanda titik pada peta, sehingga akan mampu menampilkan hasil yang lebih fleksibel. Selain itu, pengguna juga bisa menyimpan area, sehingga bisa digunakan untuk melakukan pengukuran lain waktu. Selain itu, Area Calculator juga mudah digunakan.

3. GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement

Pada urutan yang ketiga mengenai aplikasi pengukur luas tanah, ada aplikasi bernama GPS Area Calculator. Tampilannya yang sederhana, menjadikan aplikasi ini mudah digunakan oleh siapa saja. Selain itu, hasil pengukuran aplikasi ini juga cukup akurat.

Terdapat bermacam fitur bagus yang disediakan oleh aplikasi ini, misalnya adalah bisa melakukan pemetaan untuk melakukan pengukuran suatu lahan. Meski mungkin tidak seakurat saat menghitung dengan cara manual, namun ukuran yang dihasilkan juga lumayan benar. Sebab itu, banyak juga penggunanya.

4. GPS Field Area Measure – Aplikasi Pengukur Luas Tanah

Pada urutan keempat, ada aplikasi bernama GPS Field Area Measure yang merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh global Apps technologi. Aplikasi ini memiliki fitur yang berbeda ketimbang aplikasi lainnya. Karena, aplikasi ini dilengkapi dengan tampilan area distance converter compass.

Jadi, saat pengguna ingin memakai aplikasi ini, pengguna perlu membuat titik, pada suatu bidang. Apabila sudah terpasang, maka dengan otomatis aplikasi GPS Field akan melakukan pengukuran bidang tersebut. Selain itu, beberapa fitur lainnya, juga ada di dalamnya.

Baca Juga :  Serahkan Tanah Ke Jokowi Untuk IKN, Anies Ambil Dari Kampung Akuarium, Ganjar Dari Puser Bumi Jawa

5. GPS Area Calculator

Selanjutnya, masih ada lagi aplikasi lainnya bisa pengguna coba gunakan untuk mengukur wilayah luas tanah. Melakukan pengukuran wilayah menggunakan aplikasi ini juga lumayan cepat, sebab dilengkapi dengan beberapa fitur andalan. Seperti misalnya, ada beberapa jenis alat untuk mengukur.

Dengan begitu, pengguna bisa memilih degan jenis seperti apa yang ingin digunakan untuk melakukan pengukuran. Selain itu, ada juga fitur GPS yang nantinya akan mampu menyajikan dalam beberapa model. Seperti model satelit, medan dan juga pencarian Map yang akan memudahkan pengukuran.

Demikian beberapa aplikasi pengukur luas tanah yang bisa dijadikan sebagai referensi bila ingin menggunakannya. Pengguna hanya tinggal memilih aplikasi mana yang sekiranya cocok dan pas untuk melakukan pengukuran. Atau jika tak ingin ribet, gunakan aplikasi bawaan berupa Google Maps.

Also Read