Cermati Tips Sewa Kantor untuk Operasional Perusahaan yang Baik dan Efektif

Deny Budianto

Cermati Tips Sewa Kantor untuk Operasional Perusahaan yang Baik dan Efektif

Banyak perusahaan yang memilih untuk menyewa kantor bagi karyawannya agar bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Contoh gedung yang bisa disewa sebagai kantor adalah The Mansion Bougenville yang berlokasi di Jakarta Utara.

Sebelum Anda memutuskan untuk menyewa kantor bagi karyawan, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja tips sewa kantor bagi perusahaan. Daripada semakin penasaran, lebih baik langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tips Sewa Kantor

Saat akan menyewa kantor khususnya untuk karyawan yang berjumlah sangat banyak, tentu perlu banyak pertimbangan. Di bawah ini merupakan beberapa tips sewa kantor yang perlu Anda ketahui.

  1. Pertimbangkan Lokasi

Hal pertama yang perlu Anda ketahui ialah pertimbangkan lokasi. Lokasi sangat penting bagi Anda yang akan menyewa kantor. Lokasi menentukan kelancaran dan berjalannya operasional perusahaan Anda agar berjalan lebih efektif dan fleksibel.

Sebaiknya, pilih lokasi kantor yang tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal kebanyakan karyawan. Hal ini dilakukan agar karyawan memiliki waktu tempuh yang lebih efektif saat ke kantor.

Tidak hanya itu saja, pastikan lokasi kantor juga strategis dekat dengan jalan raya, fasilitas umum, dan fasilitas lain yang memudahkan karyawan untuk beraktivitas. Maka dari itu, pemilihan lokasi adalah hal yang paling utama perlu dipertimbangkan.

  1. Perhatikan Fasilitas Kantor

Tips selanjutnya adalah perhatikan fasilitas kantor. Fasilitas yang ada di dalam kantor menjadi salah satu faktor keberlangsungan aktivitas bekerja para karyawan. Ada kantor yang sudah menyediakan fasilitas lengkap mulai dari ruang meeting, ballroom, lobby, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga yang sudah termasuk dengan jaringan internet dan jalur telepon. Perhatikan fasilitas kantor apa saja yang ditawarkan kantor pilihan agar Anda tidak salah pilih.

Sebaiknya, pilih kantor yang memang menawarkan fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan operasional perusahaan. Selain itu, pastikan jika sudah fix, fasilitas tersebut dapat digunakan dengan baik.

  1. Pilih yang Keamanannya Baik

Keamanan kantor adalah hal yang utama dan paling penting. Adanya tingkat keamanan yang baik, tentu segala hal yang berurusan dengan kantor dapat terjaga dari pengaruh luar.

Pilihlah kantor yang memang memberikan berbagai fasilitas dan fitur keamanan kantor secara lengkap. Misalnya dengan adanya pintu berkode, CCTV, lift dengan ID card, dan lain sebagainya.

Selain itu, jika merekrut security, pastikan security tersebut memang berkompeten dan mampu menjaga area kantor dengan baik. Maka dari itu, hal keamanan ini jangan sampai terlupakan.

  1. Pilih Tempat dengan Masa Sewa yang Sesuai Kebutuhan

Tips sewa kantor selanjutnya ialah pilih tempat dengan masa sewa yang sesuai dengan kebutuhan. Perlu diketahui bahwa banyak bangunan yang saat diubah jadi kantor, mengharuskan Anda untuk menyewa dengan jangka waktu yang lama seperti 5-10 tahun lamanya.

Jika memang dibutuhkan hingga tahunan seperti itu, tentu dibutuhkan anggaran yang sangat besar pula. Pastikan anggaran kantor perusahaan Anda dapat memenuhi biaya sewa yang dibebankan tanpa mempengaruhi cash flow perusahaan.

Jika sudah terlanjur sewa dalam jangka waktu lama, tetapi ternyata suatu waktu jika operasional kantor sudah tidak dijalankan di kantor tersebut lagi, tentu akan sangat disayangkan bukan?

  1. Cek Kelengkapan Data Saat Perjanjian

Tips selanjutnya saat menyewa kantor ialah cek kelengkapan data saat melakukan penandatanganan perjanjian. Ketika sudah mendapat kantor yang tepat untuk bekerja, pastikan Anda tidak melewatkan untuk mengecek kelengkapan data saat akan menandatangani perjanjian kontrak.

Pastikan beberapa dokumen persyaratan dan segala kebutuhannya sudah terlengkapi semua. Cek kembali identitas diri, ketentuan durasi sewa, fasilitas kantor, dan data penting lainnya sudah diisi dengan benar.

Apabila seluruh data dan dokumen yang disiapkan sudah lengkap dan diisi dengan benar. Maka, ketika penandatanganan, Anda dan pihak penyewa tentu akan lebih leluasa dan tenang ketika proses sewa berlangsung.

  1. Sisakan Lahan untuk Pengembangan

Saat memilih kantor, usahakan oleh Anda agar bisa mendapatkan kantor yang ukurannya cukup besar. Ruangan yang lebih besar dan luas akan memungkinkan Anda untuk dapat mengembangkan perusahaan dengan lebih leluasa.

Selain itu, ruangan kantor yang luas tentunya lebih menguntungkan saat pengembangan perusahaan tanpa harus melakukan investasi atau menyewa tempat lain. Sesuaikan juga ukuran kantor dengan roadmap dari perusahaan agar proses bekerja lebih fleksibel dan efektif.

Di sisi lain, jika memang diperlukan, lahan atau area kosong dari kantor bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan harian karyawan. Misalnya seperti untuk area istirahat, area olahraga bersama, atau untuk sekedar berkumpul.

  1. Pertimbangkan Fasilitas Sekitar Kantor

Tips yang terakhir yaitu pertimbangkan fasilitas sekitar kantor. Fasilitas kantor juga menjadi salah satu hal yang menjadi faktor pertimbangan kenapa Anda harus memilih kantor tersebut.

Karyawan umumnya akan lebih menyukai apabila bekerja di tempat yang dekat dengan kafe atau restoran yang harganya murah dan terjangkau. Hal ini bisa menunjang kebutuhan mereka ketika memasuki waktu istirahat kantor.

Tidak hanya itu saja, karyawan juga bisa lebih mudah mengakses berbagai fasilitas seperti rumah makan, kafe, atau supermarket terdekat untuk memenuhi kebutuhan harian mereka.

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui beberapa tips sewa kantor. Untuk menyewa kantor, Anda bisa mengunjungi website sewakantorcbd.com untuk mengetahui beberapa rekomendasi sewa kantor terbaik untuk kebutuhan perusahaan Anda. Di website tersebut juga Anda bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap mulai dari lokasi, harga sewa, dan sebagainya.

Also Read

Tags