Elektabilitas Ganjar Pranowo Meningkat, Sementara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan Alami Penurunan

Redaksi

Elektabilitas Ganjar Pranowo Meningkat, Sementara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan Alami Penurunan

Elektabilitas calon presiden (capres) Ganjar Pranowo terus menunjukkan tren kenaikan yang signifikan dalam berbagai hasil survei.

Hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada Rabu (30/8/2023) menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami peningkatan. Sementara itu, elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan justru mengalami penurunan.

Dalam survei LSI Elektabilitas Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo menduduki peringkat pertama dalam simulasi tiga calon presiden. Elektabilitas Ganjar mencapai 37 persen pada bulan Agustus 2023, meningkat enam persen sejak Agustus tahun sebelumnya.

Riset dari Saiful Mujani Research Center (SMRC) juga menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 35,9 persen, Prabowo Subianto 33,6 persen, dan Anies Baswedan mendapatkan dukungan publik sebanyak 20,4 persen.

Selain itu, survei dari Litbang Kompas menunjukkan bahwa Ganjar memperoleh elektabilitas tertinggi dengan 34,1 persen, diikuti oleh Prabowo dengan 31,3 persen, dan Anies dengan 19,2 persen.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia juga merilis hasil jajak pendapat terbaru yang menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo kembali naik. Dalam survei ini, elektabilitas Ganjar mencapai 35,2 persen jika pemilihan presiden diadakan saat ini, sementara Prabowo mendapatkan 33,2 persen dan Anies hanya mendapatkan 23,9 persen.

Politisi senior dari PDI Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno, menganggap bahwa Ganjar Pranowo adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan peningkatan elektabilitasnya. Selain itu, peningkatan elektabilitas Ganjar juga dipengaruhi oleh peningkatan pengetahuan politik dan kesadaran kolektif masyarakat.

Baca Juga :  Elektabilitas Anies Baswedan Sebagai Capres Menurut 8 Lembaga Survei

Menurut Hendrawan, hal ini berkaitan dengan tingkat literasi politik terkait dengan sejarah dan afiliasi partai tokoh tersebut.

Ketua DPP Partai Perindo, Heri Budianto, melihat kenaikan elektabilitas Ganjar sebagai hal yang positif. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa partai politik yang mendukung Ganjar bekerja keras untuk memenangkan Pemilu Presiden 2024.

Heri Budianto menambahkan bahwa kenaikan elektabilitas Ganjar juga disebabkan oleh solidnya koalisi partai politik yang mendukungnya, yang bekerja hingga ke level akar rumput. Selain itu, peran tim relawan juga berkontribusi besar dalam meningkatkan elektabilitas Ganjar.

Relawan dari berbagai lapisan masyarakat dan profesi bergerak bersama-sama, dan mereka beroperasi di bawah komando Ketua Tim Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo, yaitu Ahmad Basarah. Heri juga mengungkapkan bahwa aktivitas politik relawan ini berkoordinasi dengan partai politik yang mendukung Ganjar.

“Semua berkolaborasi untuk memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024,” kata Heri Budianto.

Also Read