Google Berencana Memindahkan Produksi Smartphone Pixel Ke India

Redaksi

Google Berencana Memindahkan Produksi Smartphone Pixel Ke India

Corong Nusantara – Google mengikuti jejak Apple dalam mendiversifikasi produksinya di luar China. Kabar terbaru mengungkapkan bahwa Google telah memberitahu beberapa pemasoknya untuk memindahkan produksi smartphone Pixel ke India.

Rencana ini nampaknya bukan sekadar wacana, karena Menteri Teknologi India, Ashwini Vaishnaw, baru-baru ini melakukan pertemuan dengan CEO Google, Sundar Pichai.

Pada tahun lalu, Google berhasil memproduksi sekitar 9 juta unit smartphone Pixel, dan dengan memproduksi ponsel Pixel secara lokal di India, diharapkan penjualan mereka di negara ini akan meningkat.

Google kemungkinan ingin memanfaatkan skema Pembuatan Lokal untuk Ekspor (PLI) yang ditawarkan oleh pemerintah India.

Meskipun begitu, hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai kapan Google akan mulai memproduksi smartphone Pixel di India.

Apple Mengalihkan Produksi AirPods ke India

Tidak hanya Google, awal tahun ini Apple juga membuat keputusan untuk memindahkan produksi AirPods mereka ke India.

Hal ini terungkap ketika salah satu pemasok Apple di India, Jabil Inc, menyatakan kesiapannya untuk memproduksi seluruh produk AirPods.

Pemindahan produksi ini merupakan langkah penting bagi Apple dan India, terutama mengingat pangsa pasar AirPods yang cukup besar.

Sebagai yang diketahui, Apple terus mengurangi ketergantungan pada China dengan dua alasan utama, yakni tantangan yang muncul akibat bergantung pada satu lokasi produksi, serta peraturan yang ketat dan penutupan pabrik di China dalam beberapa tahun terakhir, yang berdampak signifikan pada produksi perangkat Apple.

Baca Juga :  5 Aplikasi Pengukur Luas Tanah Di Smartphone Yang Wajib Dicoba

Selain AirPods, Apple juga merencanakan secara bertahap memindahkan produksi iPhone, iPad, dan Mac ke India.

Dengan langkah ini, Apple dan Google menunjukkan upaya mereka dalam mengurangi ketergantungan pada China dan mencari alternatif produksi di India. Selain itu, langkah ini juga memberikan peluang bagi India untuk meningkatkan industri manufaktur dan menarik investasi asing ke negara mereka.

Also Read