Ini Tanda-Tanda Ridwan Kamil Kian Dekat Ke Ganjar Pranowo

Deny Budianto

Ini Tanda-Tanda Ridwan Kamil Kian Dekat Ke Ganjar Pranowo

Corongnusantara.com – Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah ramai diperbincangkan. Ridwan Kamil dekat dengan kedua capres yaitu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Pada Rabu malam lalu, Ridwan Kamil kedapatan makan malam berdua dengan Calon Presiden Prabowo Subianto. Sebelumnya, Ridwan Kamil juga sudah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Megawati disebut menawarkan Ridwan Kamil menjadi bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo. Lalu Ridwan Kamil pilih jadi Cawapres Prabowo atau Ganjar Pranowo?

Ridwan Kamil saat ini masih aktif menjadi kader Partai Golkar. Dia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Golkar Bidang Penggalangan Pemilih dan Co-Chair Badan Pemenangan Pemilu Golkar. Golkar adalah partai yang mengusung Prabowo menjadi Capres, bersama PAN dan Partai Gelora.

Mengutip CNN Indonesia, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng menyebut Ridwan Kamil lebih pas berduet dengan Ganjar Pranowo. Menurutnya, pasangan Ganjar-Ridwan Kamil bakal saling menguntungkan secara elektoral.

“Dia (Kamil) tokoh Jawa Barat. Artinya dia punya dapil (daerah pemilihan) yang jelas. Pak Ganjar kan punya dapil Jateng. RK dapil Jabar. Jadi, kalau lihat hitung-hitungan politik ya, ini sangat menguntungkan,” kata Mekeng, Kamis (14/9/2023).

Selain itu, kata dia, Ridwan Kamil sudah bertemu dengan Megawati. Menurut Mekeng, pertemuan Megawati dan Ridwan Kamil menjadi sinyal kuat eks Gubernur Jawa Barat itu bakal dipilih mendampingi Ganjar.

Baca Juga :  KSP: Pembangunan IKN Dirancang Berkelanjutan Dan Tidak Berhenti Di Pemerintahan Jokowi

Sementara itu, Mekeng menilai kans duet Ridwan Kamil dengan Prabowo Subianto kecil. Sebab, menurut dia, Prabowo dengan Ridwan Kamil punya irisan basis massa pendukung yang sama.

Mekeng pun membuka kemungkinan Golkar undur diri dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) jika Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto tak dipilih jadi cawapres Prabowo. Dia berpendapat Golkar harus rasional dalam menentukan sikap di Pilpres 2024 jika ada kader lain yang potensial maju jadi calon wakil presiden. Dia mengatakan Golkar merupakan partai politik dengan mesin besar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan Megawati telah menawarkan langsung posisi Cawapres Ganjar Pranowo kepada Ridwan Kamil.

Doli mengklaim tawaran itu diberikan kepada RK lantaran Ganjar membutuhkan sosok yang memiliki kekuatan untuk mendongrak elektabilitas di Jawa Barat.

Kabar Ridwan Kamil masuk ke dalam kandidat cawapres Ganjar pun telah dibenarkan oleh PDIP. Nama eks gubernur Jawa Barat itu bersanding bersama Mahfud MD dan Sandiaga Uno.

Also Read