Mampu Bawa UMKM Jateng Mendunia, Ratusan Milenial Ingin Ganjar Pimpin Indonesia

Redaksi

DUKUNG PENUH GANJAR-Ratusan relawan Srikandi Ganjar Kalteng gelar acara Fun and Healthy Day di GOR Serbaguna Jekan Raya, Palangka Raya, Kalteng. Sejumlah kegiatan diadakan untuk memeriahkan acara ini, seperti zumba, colorful party, hingga bazar UMKM.

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara-Sebanyak 700-an relawan Srikandi Ganjar Kalimantan Tengah menggelar acara Fun and Healthy Day di GOR Serbaguna Jekan Raya, Palangka Raya, Kalteng. Sejumlah kegiatan diadakan untuk memeriahkan acara ini, seperti zumba, colorful party, hingga bazar UMKM.

Koordinator Wilayah (Korwil) Srikandi Ganjar Kalimantan Tengah, Refa Asmianur mengatakan, acara ini untuk lebih mendekatkan figur Ganjar Pranowo kepada masyarakat; baik visi, karakter, maupun rekam jejakmya. Di antaranya, keberhasilan Ganjar dalam memajukan UMKM Jawa Tengah menjadi yang terbaik se-Indonesia.

Oleh sebab itu, dalam kegiatan Fun and Healthy Day tersebut turut digelar bazar UMKM sebagai cerminan keberhasilan Ganjar mengembangkan UMKM Jawa Tengah melalui beberapa programnya yang dikenal luas seperti Lapak Ganjar dan Blangkon Jateng.

“Kami bercermin kepada apa yang telah dilakukan Pak Ganjar, yaitu mensukseskan UMKM yang ada di wilayah beliau dan kami akan mencerminkan itu dan kami implementasikan di Kalimantan Tengah khususnya,” kata Refa di Halaman GOR Serbaguna, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya, Kamis (4/8/2022).

Keberhasilan Ganjar dalam memajukan UMKM Jawa Tengah memang diakui sebagai upaya cemerlang yang dilakukannya dalam memperhatikan kelompok masyarakat kelas menengah ke bawah. Bahkan, di bawah kepemimpinan Ganjar, banyak produk UMKM Jawa Tengah yang mendunia.

Refa mengemukakan, Ganjar adalah tipe pemimpin daerah yang dekat dengan semua kalangan, apalagi kalangan milenial yang selama ini mengalami kesulitan untuk menyampaikan aspirasi kepada pemimpinnya.

Menurutnya, Ganjar mampu memposisikan diri dengan mudah saat bertemu masyarakat. Selain itu, cara berkomunikasi yang dibangun Ganjar juga sangat diterima milenial, termasuk milenial perempuan.

Keberhasilan Ganjar dalam memajukan UMKM juga diakui oleh Icha dari UMKM Kedai Shasha Srikandi Ganjar. Pemilik UMKM khusus kuliner khas Kalimantan Tengah itu mengungkapkan, keputusannya mendirikan UMKM karena terinspirasi kiprah Ganjar.

Icha berkeyakinan saat Ganjar memimpin nanti sektor UMKM seperti yang digelutinya saat ini bisa semakin maju dan berkembang, hingga memiliki daya saing dengan produk-produk dari luar negeri.

“Dia (Ganjar) sosok yang sangat menginspirasi ya bagi saya. Karena beliau adalah contoh untuk UMKM-UMKM, khususnya di Kalimantan Tengah ini,” tutur Icha.

*Kepemimpinan Khas Ganjar: Kreatif dan Inovatif*

Srikandi Ganjar Kalimantan Tengah menyebut Ganjar selalu memiliki terobosan-terobosan dalam menjalin komunikasi produktif dengan masyarakat.

Sebut saja konten kerja-kerja pemerintah yang serius dan kaku, oleh Ganjar mampu dibuat sederhana dan bisa dipahami dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat. Dari sana lantas muncul interaksi, saran dan masukan, serta mendorong keterlibatan.

Hal itu, kata Refa, menjadi salah satu yang diharapkan dari pemimpin masa kini, yakni mampu memanfaatkan perkembangan zaman.

“Jadi dengan adanya Pak Ganjar, harapan kami menampung seluruh aspirasi dari kaum milenial, khususnya perempuan. Karena perempuan-perempuan hebat punya inovatif yang kreatif dan ide-ide yang bagus sekali,” ungkap Refa.

Tak hanya itu, Refa menambahkan, selama dua periode memimpin Jawa Tengah, Ganjar dianggap mampu menjadikan Jawa Tengah sebagai provinsi yang kreatif, inovatif dan mudah mengikuti tren masa kini.

Hal itu pun ditunjukkan Ganjar dengan seringnya membuka ruang-ruang khusus untuk kalangan milenial dan enterpreneur dalam berkarya dan berekspresi. Contohnya melalui pembuatan hetero space sebagai wadah sekaligus co-working space milenial.

“Karena sosok Pak Ganjar itu adalah pemimpin yang sangat ideal untuk kaum milenial khususnya. Dilihat dari prestasi Pak Ganjar membawa Jawa Tengah menjadi provinsi yang kreatif dan inovatif,” ujar Refa.dor/ist

Also Read

Tags