Pengurus Baru PHBI Kota Palangka Raya Lebih Optimal Lagi dalam Menjalankan Amanah

Redaksi

Oleh H.A.Rosyadi.SH
Sebagaimana diketahui bahwa Panitia Hari-hari Besar Islam atau PHBI Kota Palangka Raya adalah suatu organisasi yang dibentuk oleh pemerintah baik Provinsi Kabupaten dan Kota, dalam rangka melaksanakan tugas-tugas perayaan atau peringatan Hari Besar Islam, antara lain Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam Peringatan isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Nuzulul Quran, Hari Raya Idul Adha melaksanakan penyembelih hewan qurban.
Di bulan puasa mengadakan buka puasa bersama Pemko dengan masyarakat serta mengadakan lomba-lomba Islami pada momen menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram, antara lain lomba azan lomba pidato islami dan lain-lain, yang diikuti oleh murid, pelajar, siswa dan siswi dari tingkat dasar SD SMP dan SLTA. Juga momen 1 Muharram mengadakan Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh ormas peguyuban, yayasan, mahasiswa, siswa dari TK TPA sampai dengan SLTA.
Biasanya Kepengurusan PHBI selama masa bhakti akan ditunjuk oleh kepala daerah dalam hal ini di Kota Palangka Raya adalah Wali Kota Palangka Raya, dengan menerbitkan Surat Keputusan Wali Kota dengan masa bakti ada yang 5 tahun juga ada 3 Tahun, sesuai ketetapan dari kepala daerah.
Di Kota Palangka Raya, kepengurusan PHBI periode 3 tahun yang lalu berakhir tanggal 31 Desember 2021 dengan Ketua H Akhmad Fauliansyah SH yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya. Sedangkan kami penulis selalu ditunjuk menjadi Koordinator Humas. Sedangkan kepengurusan PHBI yang baru di bawah kepememimpinan H Khemal Nasyeri, dan beliau sehari-hari sebagai anggota DPRD Kota Palangka Raya masa bhakti 2019-2024 dari Fraksi Golkar.
Kepememimpinan H Khemal Nasyeri juga dibantu koordinator-koordinator dan seksi-seksi. Untuk yang membidangi koordinator seksi acara adalah Hj.Siti Masmah yang sehari-hari bertugas sebagai Sekrataris DPRD Kota Palangka Raya.
Organisasi PHBI sebagai koordinator di acara-acara agama Islam, antara Pemerintah dengan masyarakat, sedangkan pelaksanaan acara dibentuk secara intern oleh panitia-panitia sesuai dengan momen kegiatan acara tersebut yang sudah disusun selama 1 tahun anggaran, sedangkan pembiayaan dari kegiatan-kegiatan sekretariat dan hari-hari besar keagamaan dari dana Hibah APBD Kota Palangka Raya, tiap tahun anggaran berjalan. Penulis berharap sekali kepengurusan yang baru terbentuk ini kinerjanya lebih optimal lagi. Ada saling koordinasi, baik sesama pengurus maupun dengan instansi, lain misalnya dengan kantor Kemenag, Ormas Islam misalnya MUI, NU dan lainnya.
Demikian tulisan singkat ini, diharapkan masyarakat dan ASN, TNI dan Polri dapat informasi tentang apa itu PHBI.
Penulis Mantan ASN Pemko dan Tenaga Ahli Dewan Propinsi,
Merupakan Koordinator Humas kepengurusan PHBI Kota Palangka Raya

Also Read

Tags