Perencana Keuangan Sarankan Punya Anggaran Ramadan Agar Pengeluaran Tidak Berlebihan

Redaksi

Perencana Keuangan Sarankan Punya Anggaran Ramadan Agar Pengeluaran Tidak Berlebihan

Corong Nusantara – Certified Financial Planner Annisa Steviani mengaku senang dapat berbagi dalam acara BincangShopee yang mengangkat tema perencanaan keuangan di bulan Ramadan.

Dalam sesi tersebut, dia membeberkan serba serbi alokasi keuangan ‘Anti Boncos Ramadan & Lebaran’ ala Annisa Steviani, dengan hindari kesalahan keuangan utama di bulan Ramadan yang membuat diri boncos, yakni tidak punya budget khusus Ramadan.

“Setiap individu harus memahami kebiasaan pengeluaran. Dengan pemahaman tersebut, setidaknya bisa memperkirakan berapa budget yang perlu dipersiapkan untuk Ramadan dan kamu jadi bisa mulai menabung dari jauh hari,” ujarnya dalam konferensi pers “Bincang Shopee Ramadan Sale : Lihat Peluang, Pintar Atur Keuangan” di Kantor Shopee Indonesia, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Setelah itu, jangan lupa alokasi beramal karena kita tahu bahwa di bulan penuh berkah ini, donasi kian meningkat dan terdapat kewajiban berzakat.

“Kendati demikian, perlu diperhatikan berapa persentase alokasi pada bulan tersebut. Terpenting adalah menahan diri, pengeluaran berlebih tetapi jumlah penghasilan tetap sama, menjadi masalah yang sering terjadi,” kata Annisa.

Dengan mengelola keuangan secara tepat, hal ini dapat menghindari setiap individu dari pengeluaran berlebih hingga mengakibatkan terganggunya cash flow atau arus kas.

“Yang terakhir, jangan menganggap Lebaran sebagai garis finish. Perjalanan kebutuhan mu masih panjang,” pungkasnya.

Also Read