Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, Ajak Kader DPD PDIP Banten untuk Berimajinasi dan Rajin Membaca

Redaksi

Hasto Kristiyanto, Ajak Kader DPD PDIP Banten untuk Berimajinasi dan Rajin Membaca

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengajak kader DPD PDIP Banten untuk mengejar imajinasi dan membaca buku secara rajin, sebuah praktek yang juga pernah digunakan oleh Proklamator Republik Indonesia, Bung Karno.

Hasto Kristiyanto berbicara tentang pentingnya imajinasi dalam membangun peradaban yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Hal ini disampaikan olehnya saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP Provinsi Banten di Kantor DPD PDIP Banten, Kota Serang, pada hari Minggu (10/9/2023) pagi.

“Kader PDI Perjuangan, kita harus menjadi sosok kader yang rajin membaca buku, rajin berdiskusi, bukan rajin membicarakan kelemahan orang lain, sirik, tetapi rajin memperbicangkan hal-hal yang positif untuk Partai,” ungkap Hasto.

Selama acara tersebut, Hasto juga memaparkan bahwa kader PDIP seharusnya belajar dari semangat perjuangan dan kepemimpinan intelektual yang diperlihatkan oleh Bung Karno. Dia mencontohkan bahwa Gedung DPD PDIP Banten, sebagai contoh, dibangun berdasarkan imajinasi yang kemudian diwujudkan.

Konsepsi tentang pembangunan kantor Partai ini juga mencerminkan kedaulatan partai politik di suatu daerah. Dengan adanya kantor Partai, kata Hasto, kader PDIP tidak perlu mengadakan rapat atau kegiatan di hotel mewah. Cukup di kantor Partai yang bersifat tertutup dan rahasia sehingga pihak lain tidak mengetahuinya.

Baca Juga :  Moratorium Pemekaran Masih Berlaku

Hasto melanjutkan bahwa kekuatan imajinasi juga diterapkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Megawati sangat menginginkan adanya kapal rumah sakit, sehingga Partai membuat Kapal Rumah Sakit Terapung Laksamana Malahayati.

“Ini merupakan ide besar yang kemudian kita jabarkan menjadi imajinasi. Kami membuat desainnya. Lalu, ketika ada pihak-pihak yang memuji PDI Perjuangan karena nasionalis, tidak membeda-bedakan suku, agama, status sosial, jenis kelamin, dan sebagainya, kami sampaikan hal tersebut. Kami ingin membangun kapal, dan orang-orang berkolaborasi. Akhirnya, kami menjadi satu-satunya partai yang memiliki Kapal Laksamana Malahayati,” jelas Hasto.

Menurut Hasto, kapal tersebut juga mencerminkan tekad PDIP untuk membangkitkan kesadaran akan Indonesia sebagai negara poros maritim.

“Jadi, saudara-saudara sekalian, jika anda mengenakan lambang partai merah hitam, maka anda harus berpikir seperti Bu Mega, seperti Bung Karno,” tambahnya.

Dalam Rakerda ini, Ketua DPP Ribka Tjiptaning hadir bersama dengan pengurus PDIP se-Provinsi Banten yang dipimpin oleh Ketua DPD Ade Sumardi. Turut hadir beberapa anggota DPR RI dari daerah pemilihan Banten, seperti Marianus Gea, Rano Karno, M. Hasbi Asyidiki Jayabaya, Ihsan Sulistyo, dan Ananta Wahana.

Also Read