Tugu Kartasura: Lambang Kejayaan Kota Sukoharjo yang Mengagumkan

Deny Budianto

Tugu Kartasura Lambang Kejayaan Kota Sukoharjo yang Mengagumkan

Tugu Kartasura, sebuah monumen megah yang telah menjadi ikon Kota Sukoharjo, Jawa Tengah, menghiasi perempatan strategis yang menghubungkan empat kota utama, yakni Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya. Menara tinggi ini memiliki bentuk yang unik, mirip dengan pohon tanpa dedaunan, dengan mahkota emas berbentuk burung garuda di puncaknya. Monumen ini dikelilingi oleh empat patung pahlawan yang menghadap ke empat mata angin berbeda.

Untuk memahami lebih dalam sejarah dan letak geografis Tugu Kartasura ini, mari kita telusuri lebih lanjut.

Kisah Eksklusif Tugu Kartasura Tugu Kartasura mengusung narasi sejarah yang sangat kuat dengan Kota Surakarta. Monumen ini telah menjadi ikon tak tergantikan bagi Kota Kartasura. Seakan perjalanan ke kota ini tak lengkap tanpa mengunjungi tugu megah ini.

Tugu yang menjulang di persimpangan jalan utama empat kota ini dikelilingi oleh patung-patung pahlawan dengan gaya unik, yang memegang senjata laras panjang menghadap ke empat penjuru mata angin.

Meskipun agak sulit untuk berfoto di dekat tugu ini karena posisinya yang terletak di tengah jalan, suasana sekitar tugu memiliki daya tariknya tersendiri.

Malam hari di sekitar Tugu Kartasura adalah waktu yang sayang dilewatkan begitu saja. Anda dapat menikmati aura kota sambil mencicipi beragam kuliner khas Solo, semuanya disertai dengan lantunan musik dari para musisi jalanan, menciptakan suasana yang begitu syahdu.

Baca Juga :  Eksportir Diminta “Siram” Migor ke Masyarakat

Peta Lokasi Tugu Kartasura Tugu Kartasura berdiri di tengah-tengah simpang jalan yang membuatnya terlihat dari berbagai arah.

Alamat pastinya adalah Jalan Diponegoro Barat No. 19, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.

Ada beberapa rute yang dapat Anda ambil untuk mencapai landmark Kota Kartasura ini. Rute pertama melalui Jalan Dr. Radjiman dan Jalan Ahmad Dani. Atau Anda juga dapat memilih rute melalui Jalan Raya Solo-Yogyakarta dan Jalan Semarang-Surakarta.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang tiket untuk menikmati pesona Tugu Kartasura. Yang perlu Anda siapkan adalah biaya parkir kendaraan di area sekitar tugu.

Agar Anda dapat menikmati pemandangan Tugu Kartasura secara lebih intens, disarankan untuk datang saat lalu lintas sedang sepi, terutama pada malam hari.

Also Read