2 Cara Menghapus Other File Xiaomi Tanpa Root yang Mudah

Redaksi

Cara Menghapus Other File Xiaomi Tanpa Root

Cara Menghapus Other File Xiaomi Tanpa Root – HP Xiaomi banyak dipilih dikarenakan harga banderolnya yang terbilang sangat murah, jika dibandingkan dengan HP dari brand lain. Selain itu, spesifikasi yang dibekalkan pada HP Xiaomi terbilang cukup tinggi, sehingga dapat memberikan performa kinerja yang cepat dan responsive. Ditambah lagi dengan beragam fitur canggih di dalamnya yang menjadi daya tarik lain dari perangkat smartphone tersebut.

Sebagai pengguna Xiaomi, terkadang kita sering dipusingkan dengan ruang penyimpanan internet yang penuh. Padahal kita tidak menyimpan terlalu banyak file, tetapi tiba-tiba memorinya hampir penuh. Setelah dilihat ternyata pada keterangan terdapat Other File atau File Lainnya yang memakan ruang penyimpanan cukup besar. Sayangnya kita tidak tahu bagaimana menemukan Other File tersebut sehingga tidak bisa menghapusnya. Berikut cara menghapus Other File Xiaomi tanpa root yang mudah bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Menghapus Other File Xiaomi Tanpa Root

Other File atau File Lainnya merupakan jenis file yang tidak umum kita temukan layaknya file gambar, video, audio dan semacamnya. File Lainnya atau Other File ini biasanya berisi file sistem yang mungkin letaknya cukup tersembunyi. Sementara untuk fungsinya cukup bervariasi, mulai dari untuk mempercepat loading aplikasi, memaksimalkan performa HP, mengatasi hang pada sistem dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Daftar Harga HP Xiaomi, Redmi, Dan POCO Terbaru Per 1 Agustus 2023

Namun, karena ukurannya yang terbilang lumayan besar sehingga hal ini membuat ruang memori internal cukup sesak. Untuk itu, Anda bisa menghapus Other File tersebut agar ruang kosong di memori internal menjadi lebih lega. Adapun cara menghapus Other File Xiaomi tanpa root selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Other File Lewat MIUI Security

MIUI Security merupakan aplikasi khusus dari Xiaomi yang punya banyak fitur di dalamnya. Salah satunya adalah fitur Deep Clean yang fungsinya untuk menghapus file tidak perlu di memori HP. Fitur ini juga memungkinkan untuk digunakan menghapus Other File atau File Lainnya di HP Xiaomi.

  1. Pertama Anda buka aplikasi MIUI Security di HP Xiaomi.
  2. Pada halaman utama aplikasi, Anda cari dan klik pada menu Deep Clean.
  3. Secara otomatis fitur tersebut akan melakukan scanning atau pencarian data yang tidak digunakan di memori internal HP. Tunggu hingga prosesnya selesai, nantinya akan ditampilkan data sampah di sana.
  4. Pada bagian Big File, Anda klik tombol Clean Now.
  5. Selanjutnya beri tanda centang pada file yang ingin dihapus dari perangkat.
  6. Jika sudah, kemudian Anda klik tombol Delete Selected Files dan konfirmasi penghapusan.
  7. Selesai.

2. Hapus Other File Lewat File Manager

Selanjutnya Anda bisa mencari File Lainnya atau Other File langsung dari menu File Manager di Xiaomi.

  1. Langkah pertama Anda buka menu File Manager di HP Xiaomi.
  2. Sekarang Anda aktifkan dulu fitur Tampil Berkas Tersembunyi agar bisa menemukan Other File dan nantinya bisa dihapus dengan mudah. Caranya klik menu Tiga Garis di pojok kiri atas File Manager, lalu pilih Setelan. Kemudian ketuk tombol slider yang ada di sebelah kanan opsi Tampil Berkas Tersembunyi.
  3. Kembali lagi ke halaman awal File Manager, lalu klik tab Ikon Folder yang ada di bagian atas.
  4. Masuk ke folder MIUI >> Gallery >> Cloud >> Cache. Kemudian tekan dan tahan pada salah satu file cache dan beri tanda centang pada semua file.
  5. Klik ikon Hapus yang ada di bawah tampilan, lalu konfirmasi penghapusan.
  6. Selesai.
Baca Juga :  Xiaomi Pad 6: Mengoptimalkan Produktivitas dan Hiburan dengan Gaya Hidup Modern

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan penghapusan Other File atau File Lainnya di Xiaomi tersebut. Misalnya saja menggunakan aplikasi bernama Storage Analyzer & Disk Usage. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobile_infographics_tools.mydrive&hl=en

Itulah tadi dua cara menghapus Other File Xiaomi tanpa root yang mudah bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Also Read

Tags