Daerah  

Mura Genjot Vaksinasi Massal Seluruh Umat Beragama

PURUK CAHU/TABENGAN.COM– Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah (Kalteng) menggenjot vaksinasi massal seluruh umat beragama. Rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka percepatan vaksinasi massal Covid-19 terhadap para jemaah dan jemaat di wilayah Mura, digelar di Aula A Kantor Bupati Mura, Kamis (9/12/2021).

Rakor dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Mura Hermon yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Mura, Kabag Ops Polres Mura Kompol Indras Purwoko, Kadis Kominfo SP Bimo Santoso, Kadis Kesehatan dr Suria Siri, sejumlah Ketua Resort, para pengurus rumah ibadah di wilayah Puruk Cahu dan stakeholder terkait.

Hermon menyambut baik atas rakor tersebut. Pihaknya siap menyesuaikan keputusan yang ditetapkan pemerintah dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. Sedangkan percepatan vaksinasi dan sosialisasi pengetatan protokol kesehatan harus terus dilakukan.

“Prinsip kita dukung kegiatan pemerintah untuk vaksinasi yang ditargetkan sampai akhir Desember 2021. Itulah sebabnya nanti akan dilakukan vaksinasi secara masif di tempat ibadah sebelum dimulai kegiatan peribadatan yang akan dimulai pada Minggu pagi, 12 Desember. Di antaranya di Gereja Hosana, Gereja Santo Klemen, Gereja Eklesia,” jelas Hermon, Kamis.

Sekda Mura juga menegaskan, vaksinasi di rumah ibadah bertujuan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus membentuk kekebalan imunitas bersama. Semakin banyak masyarakat yang divaksin, maka semakin cepat herd immunity terbentuk.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Mura dr Suria Siri mengatakan, sejak instruksi vaksinasi kepada masyarakat ini dimulai, pemerintah daerah bersama TNI-Polri serta jajaran terkait terus bergerak semaksimal mungkin.

“Hingga saat ini kita sudah di angka yang saya yakin bisa kita melampaui target capaian vaksinasi yang telah ditentukan,” kata Suria.

Pihak Polres Mura yang diwakili Kabag Ops Kompol Indras Purwoko mengatakan, koordinasi antarsektor sangat diperlukan untuk tetap mempertahankan tren positif pertumbuhan Covid-19 yang saat ini sudah dapat dikendalikan dengan sangat baik. Sehingga saat memasuki libur Nataru, tidak mengalami lonjakan kasus Covid-19. sjs

Penulis: Joko SantosoEditor: Haris Lesmana

Tinggalkan Balasan