Petinggi Demokrat Yakin Anies Baswedan Pilih AHY Sebagai Cawapres

Redaksi

Petinggi Demokrat Yakin Anies Baswedan Pilih AHY Sebagai Cawapres

Corong Nusantara – Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron meyakini Anies Baswedan akan memilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres).

“Saya berkeyakinan bahwa Mas Anies akan menjatuhkan pilihannya ke Mas AHY,” kata Herman di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Dia meyakini bahwa Ketua Umum Partai Demokrat tersebut memenuhi lima kriteria-kriteria sebagai cawapres.

“Saya yakin dari lima kriteria yang bisa menyatukan koalisi, turut serta dapat memenangkan, juga menjadi dwitunggal nanti di dalam pemerintahan, saya kira ya Mas AHY pantaslah menjadi cawapresnya Pak Anies,” ujar Herman.

Nama AHY Memang dinilai cocok untuk diduetkan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hasil survei Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada periode Maret 2023 menyebut AHY dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bisa menaikkan suara Anies bila dihadapkan dengan Ganjar Pranowo.

Berbeda ketika duet dengan tokoh-tokoh lain, suara Anies melonjak signifikan dengan 47 persen suara saat diduetkan dengan AHY.

Sedangkan Ganjar tertahan di 42 persen. Sisanya 11 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

“Anies ini kalau dipasangkan dengan AHY kekuatannya menjadi 47, lumayan ada kenaikannya di situ,” kata Pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam program ‘Mengangkat Anies: AHY atau Khofifah?’ seperti ditayangkan Youtube SMRC TV, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga :  Pengamat Politik: Demokrat Sedang Incar Kursi Cawapres Lewat Forum Resmi

Hal yang sama juga ketika Anies disimulasikan duet dengan Khofifah. Keterpilihan pasangan Anies-Khofifah sebesar 46 persen, mengalahkan Ganjar yang hanya 33 persen.

“Kemudian dengan Khofifah itu ada perubahan, menjadi naik dan Ganjar kemudian kalah,” jelasnya.

Karenanya, Saiful Mujani menyimpulkan bahwa dua tokoh cawapres yang bisa membantu Anies menaikkan suaranya secara signifikan untuk melawan Ganjar adalah AHY dan Khofifah.

“Jika Khofifah dipasangkan dengan Anies, punya probabilitas secara signifikan untuk menaikkan suara Anies. Demikian pula AHY, jika dipasangkan dengan Anies, suara Anies punya peluang untuk naik secara signifikan,” imbuhnya.

Also Read