Pengamat Politik: Demokrat Sedang Incar Kursi Cawapres Lewat Forum Resmi

Redaksi

Pengamat Politik: Demokrat Sedang Incar Kursi Cawapres Lewat Forum Resmi

Corong Nusantara – Partai Demokrat dinilai sedang mengincar kursi calon wakil presiden (cawapres) di balik sikapnya yang belum mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) lewat forum resmi.

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyampaikan bahwa partai Demokrat kini dinilai sedang mencoba tarik ulur agar Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa dipilih menjadi cawapres oleh Anies Baswedan.

“Keliatannya Demokrat sedang mengincar kursi calon wakil presiden. Bagaimana pun Demokrat akan berusaha agar AHY menjadi cawapres Anies Baswedan. Nah disitu tarik ulurnya keliatan. Salah satu poin penting dari Demokrat masih belum mendeklarasikan secara resmi ya,” ujar Ujang saat dikonfirmasi, Sabtu (25/2/2023).

Alasan lain, kata Ujang, Partai Demokrat diduga memang masih sedang menunggu forum resmi untuk dapat mendeklarasikan Anies Baswedan menjadi capres. Sebab, AHY juga harus menghormati forum internal partainya.

“Kedua mungkin juga (Demokrat) sedang menunggu forum resmi. Kan dalam kongres entah namanya Rakernas atau Rapimnas atau nama lain yang memang itu menjadi musyawarah keputusan bersama dari partai yang bersangkutan. Itu juga menjadi penting karena harus ada alasan dan argumen dan aturan aturan yang harus dijaga oleh partai politik,” tukasnya.

Baca Juga :  Surya Paloh: Saya Juga Cocok Jadi Cawapres Anies

Sebagai informasi, Koalisi Perubahan adalah gabungan dari tiga partai politik yaitu NasDem, PKS dan Demokrat. Adapun NasDem mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden 2024 pada 3 September 2022.

Nama Anies Baswedan sebelumnya masuk dalam bursa bakal Capres 2024 Partai NasDem bersama Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo. Deklarasi yang dilakukan Partai NasDem ini menjadi cikal munculnya nama koalisi perubahan.

Kemudian, PKS pun menyusul dengan menggelar Musyawarah Majelis Syuro PKS VIII pada 23 Februari 2023 lalu. Hasilnya, Partai besutan Ahmad Syaikhu itu pun seluruh Majelis Syuro sepakat untuk mengusung Anies menjadi calon presiden.

Hingga kini, memang Partai Demokrat yang masih belum mendeklarasikan Anies Baswedan lewat forum resmi. Adapun dukungannya hanya disampaikan lewat keterangan Ketua Umum Partai Demokrat AHY.

AHY menilai pihaknya tidak perlu lagi mendeklarasikan Anies Baswedan secara formal sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

“Sudah kami sampaikan bahwa sikap Partai Demokrat sudah sangat jelas,” kata AHY usai menghadiri acara Haul ke-12 KH Zainuddin MZ, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2023) malam.

AHY juga menyebut Demokrat sudah menyampaikan sikap dukungan untuk Anies saat menerima kunjungan DPP Partai Nasdem

“Kami juga mengutarakan apa yang menjadi sikap dan posisi Partai Demokrat terkait dengan bagaimana Koalisi Perubahan ini bisa segera terwujud, segera terealisasi,” pungkasnya.

Also Read