Selamat Tinggal Facebook Messenger Lite

Redaksi

Selamat Tinggal Facebook Messenger Lite

Aplikasi pesan instan Facebook untuk smartphone berspesifikasi rendah, Messenger Lite, telah dihentikan. Aplikasi pesan instan ini juga sangat populer di Indonesia.

Juru bicara Meta mengatakan aplikasi Android Messenger Lite tidak tersedia untuk diunduh sejak 21 Agustus dan ditutup sepenuhnya pada bulan September.

Pengguna Messenger Lite yang membuka aplikasi akan menemukan kata “gunakan Messenger untuk melanjutkan percakapan”. Artinya, pengguna Messenger Lite diminta untuk beralih ke aplikasi Messenger versi reguler.

Namun aplikasinya masih bisa digunakan.

Mulai 21 Agustus, pengguna yang masuk ke aplikasi Messenger Lite di Android akan diarahkan ke Messenger atau Facebook Lite untuk mengirim dan menerima pesan di Messenger, kata juru bicara Meta, Jumat (25/8/8)

Aplikasi Messenger Lite untuk Android tidak lagi tersedia di Google Play Store. Menurut Meta, bahkan pengguna aktif Messenger Lite tidak akan dapat mengakses aplikasi setelah 18 September.

Meta juga telah menutup aplikasi Messenger Lite di iOS (pengguna iPhone) pada tahun 2020. Alternatif yang mungkin adalah masuk ke Messenger Lite menggunakan Facebook Lite. Di dalam aplikasi, pengguna setidaknya dapat terus mengakses pesan mereka.

Sebagai informasi, aplikasi Messenger Lite pertama kali dirilis pada tahun 2016. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan Messenger versi biasa. Hanya saja fitur “membebani” dihilangkan dari aplikasi.

Secara keseluruhan, aplikasi Messenger Lite telah diunduh sekitar 760 juta kali secara global, menurut perusahaan analisis data.ai.

India memegang pangsa pasar terbesar, disusul Brazil dan india. Amerika Serikat menempati peringkat kedelapan dalam hal pengunduhan.

Penutupan Messenger Lite diketahui oleh pengguna Reddit

Penutupan layanan ini pertama kali diketahui oleh pengguna forum online, Reddit. Berdasarkan unggahan tersebut, Messenger Lite sudah tidak tersedia lagi di toko aplikasi resmi Google Play Store.

“Aplikasi ini (Messenger Lite) sudah tidak tersedia lagi di Play Store. Sistem hanya menampilkan pesan sebaiknya menggunakan aplikasi Facebook Lite,,” kata seorang pengguna dengan handle @andree182.

Pantauan KompasTekno, aplikasi Messenger Lite tidak muncul saat dicari di kolom pencarian (Search). Pengguna disarankan mengunduh aplikasi Messenger versi non-lite atau Facebook Lite.

Messenger Lite juga mengambil pendekatan minimalis dan ringan. Kata “mudah” di atas berarti aplikasi berukuran kecil, fungsi dan fitur yang ditawarkan juga sederhana.

Jika Anda membandingkan ukuran file aplikasi, aplikasi Messenger Lite berukuran kurang dari 10 MB. Sementara itu, aplikasi Messenger “reguler” bisa berukuran hingga 40 MB. Apalagi Messenger Lite juga dinilai cocok digunakan di negara dengan koneksi internet lambat.

Also Read