Pelatih Menembak Kalteng Lulus Peringkat Terbaik Nasional

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara-Pelatih menembak dari Cabang Olahraga Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang memiliki lisensi nasional bertambah.

Kali ini pelatih atas nama Rino Riyanto berhasil lulus dengan predikat peringkat terbaik di pelatihan pelatih menembak yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta 6-11 Juni.

Ketika dihubungi Senin (13/6/2022), Rino Riyanto menyampaikan, sudah mengikuti pelatihan pelatih lisensi level B nasional dengan didukung  Pengprov Perbakin Kalteng. Keikutsertaan dirinya dipelatihan ini tidak sia-sia karena berhasil lulus dengan peringkat terbaik, hasil praktik di lapangan juga mendapatkan peringkat pertama.

“Jadi ada ujian tertulis sama praktek menembaknya, peserta dibagi dalam beberapa tim, satu tim ada 5 orang. Hasil tim itu yang terbaik poinnya 99 yang tertinggi diatas tim lainnya, hasilnya dengan nilai itu lulus dengan predikat peringkat terbaik,” kata Rino.

Sementara itu, ketua umum Pengurus provinsi (Pengprov) Perbakin Kalteng Christian Sancho menyampaikan, di bawah kepemimpinannya, ingin melakukan regenerasi atlet menembak. Untuk mencapai keinginan ini diperlukan pelatih yang memiliki lisensi pelatih nasional dan fokus untuk melatih atlet.

“Saya terus terang periode yang kedua memimpin Perbakin Kalteng, harapan saya ingin menciptakan yang betul-betul menjadi seorang pelatih menembak. Banyak pelatih dan sudah memilki lisensi, tapi mohon maaf mereka pembinaannya tidak memfokuskan ke calon atlet pengganti, regenerasi karena dengan kesibukan mereka,” kata Sancho.

Adanya pelatih Kalteng yang mengikuti pelatihan pelatih nasional, harapan besar Sancho bisa lebih fokus melatih kader muda sebagai atlet menembak penerus atlet senior Kalimantan Tengah.

Menurut Sancho kekurangan selama ini belum adanya pelatih yang kurang fokus membina atlet regenerasi.

Padahal dari hasil penilaian Pengprov selama ini Kalteng memiliki potensi atlet menembak yang cukup banyak terutama atlet muda, hanya saja belum dilatih secara fokus. Atlet senior yang ada saat ini perlu ada penerusnya karena pertimbangan usia.

Dari daftar pelatih menembak berlisensi C yang ada di Pengprov Perbakin Kalteng kurang lebih ada 50 orang dan tersebar di 14 kabupaten/kota, fokus melatih di daerahnya masing-masing.

Pada saat ada pelatihan yang digelar Kemenpora di Jakarta, Perbakin Kalteng mengambil peluang tersebut untuk mengirimkan satu orang pelatih sesuai dengan jumlah kuota yang diberikan.

Pengprov Perbakin Kalteng sebelum mengirim Rino ke Jakarta, terlebih dahulu meminta komitmen untuk fokus melatih atlet dituangkan dalam surat pernyataan kesediaan meluangkan waktu untuk melatih. Ada kader atlet yang akan dilatih menjadi atlet dalam waktu dekat ini untuk mengikuti berbagai event salah satunya Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Palembang. yml

Also Read

Tags