Apa Itu Teknologi?

Bryn Putra

Apa Itu Teknologi?

Saat ini hampir Sebagian besar pekerjaan manusia dibantu oleh adanya teknologi, saat ini sudah banyak manusia sangat bergantung dengan adanya teknologi dalam mempermudah seseoranga dalam berkativitas di kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit orang sudah menjadikan teknologi salah satu kebutuhan dasar.  

Namun sebenarnya apasih teknologi itu? Teknologi secara garis beras merupakan sarana yang membantu kegiatan manusia sehari-hari. Untuk mengetahuinya lebih dalam simak artikel ini hingga akhir.

Kata Teknologi berasal dari Bahasa Yunani yaitu Technologia , Techno adalah keahlian dan logia adalah pengetahuan. Jadi teknologi yang dimaksud dalam Bahasa Yunani ialah suatu kumpulan metode prinsip untuk membuat suatu objek tertentu dengan ilmu seni dan ilmu keahlian khusuh.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), Teknologi merupakan suatu metode ilmiah untuk mencapai suatu tujuan yang praktis, ilmu pengetahuan untuk menyediakan barang-barang yang dapat di gunakan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sementara secara umum, definisi teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam menuju pencapaian yang praktis dengan bantuan sebuah sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia agar lebih memudahkan dan nyaman bagi manusia.  

Sebelumnya, teknologi hanya suatu sarana yang memiliki bentuk nyata, seperti mesin atau peralatan lainnya yang dapat digunakan manusia, namun dengan perkembangan zaman saat ini teknologi tidak hanya sebatas benda yang memiliki bentuk saja, tapi saat ini kita dapat menggunakan teknologi dimana saja dan kapan saja tanpa ada wujudnya, sebagai contoh software aplikasi, kita dapat menggunakan software aplikasi tanpa harus ada wujud aplikasinya dalam bentuk benda.

Baca Juga :  Paling Mudah Cara Reset Hp untuk Kembali ke Pengaturan Pabrik

Dizaman yang penuh teknologi ini hampir seluruh bidang dalam kehidupan manusia menggunakan fasilitas teknologi, berdasarkan definisi teknologi diatas, berikut adalah beberapa jenis teknologi yang ada saat ini:

Teknologi Informasi

Teknologi Informasi atau sering disebut TI merupakan sarana teknologi yang di gunakan manusia untuk menyampaikan berbagai informasi kepada orang lain dalam waktu yang cepat dan tepat. Teknologi ini terdiri dari software serta hardware atau sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menginput, mengirim, memproses dan menyimpan berbagai informasi. 

Teknologi informasi ini merupakan teknologi yang paling berguna bagi manusia, karena kitab isa mengetahui berbagain informasi dimana saja dan kapan saja, tidak hanya itu, kita juga akan dapat informasi yang akurat serta terkini. Contoh teknologi informasi yang ada yaitu blog, website, portal berita, sosial media dan banyak lagi)  

Apa Itu Teknologi?
  1. Teknologi Komunikasi

Teknologi ini merupakan teknologi yang perkembangannya sangat cepat, Teknologi ini sangat membantu manusia dalam bersosialisasi atau berhubungan antar manusia serta saling berbagi informasi antar manusia. 

Teknologi ini juga termasuk teknologi yang sangat banyak di gunakan manusia saat ini, karena perkembangan teknologi saat ini telah meningkatkan cara menyampaikan sebuah informasi dari satu tempat ketempat yang berbeda dengan waktu yang sangat cepat serta dengan akurasi tinggi. Bahkan dengan adanya teknologi ini kita dapat menyaksikan langsung kejadian yang terjadi di suatu tempat tanpa harus kita berada di tempat tersebut. Beberapa contoh teknologi komunikasi yaitu email, fax, smartphone, aplikasi Pesan, dan masih banyak lagi.

  1. Teknologi Transportasi
Baca Juga :  Peran dan Pеngаruh Teknologi dalam Trаnѕfоrmаѕі Bіѕnіѕ Modern

Teknologi Transportasi merupakan terknologi yang dapat memindahkan manusia dari suatu tempat ketempat yang lain dengan waktu yang cepat. Sebagai contoh jika dulu kita ingin berpindah dari kota A ke Kota B tanpa bantuan teknologi, kita dapat menempuh waktu berhari-hari, namun jika menggunakan teknologi transportasi seperti mobil, kita hanya butuh beberapa jam untuk berpindah dari kota A ke kota B. beberapa coontoh teknologi transportasi diantaranya mobil, pesawat terbang, kereta listrik, kapal laut.

  1. Teknologi Pendidikan

Teknologi ini sangat berkaitan dengan dunia Pendidikan dimana dalam proses Pendidikan itu juga membutuhkan teknologi khusuh untuk membantu dalam proses Pendidikan. Teknologi dalam Pendidikan ini dalam membantu meningkatkan kinerja atau menciptakan sumber daya. Contoh teknologi yang di gunakan dalam dunia Pendidikan adalah komputer, alat laboratorium, dan masih banyak lagi.

  1. Teknologi Medis

Teknologi Medis sangat berkaitan dengan dunia kedokteran yang di mana teknologi yang di gunakan dalam kegiatas medis merupakan berbagai teknologi komputer. Teknologi medis ini juga di nilai teknologi yang sangat berguna untuk memperpanjang umur manusia. Banyak bidang yang dicakup dalam dunia medis diantara untuk memelihara Kesehatan manusia, meredakan rasa sakit, mempercepat proses penyembuhan.

Contoh Teknologi medis yaitu X-ray, Termometer tubuh, software konsultasi Kesehatan dan lain-lain.

  1. Teknologi Kontruksi
Baca Juga :  Lарtор Buatan Indonesia уаng Bаguѕ dаn Tеrbаru 2024

Teknologi ini berkaitan dengan struktur pembangunan sebuah bangunan. Teknologi ini mencakup alat dan cara bagaimana membangun sebuah bangunan baik struktur bangunan hingga ketahanan bangunan. Contoh teknologi konstruksi diantaranya berbagai alat berat, aplikasi AutoCad.

  1. Teknologi Arsitektur

Teknologi Arsitektur komponen yang berkaitan dengan teknologi konstruksi, kalua tadi konstruksi mengenai struktu dan cara membangun suatu Gedung, maka arsitektur mencakup desain dan interior yang ada pada Gedung. 

  1. Teknologi Agrikultur

Teknologi agrikultur lebih mengacu pada pembuatan alat untuk membantu dalam proses pertanian dan perkebunan. Jika di lihat saat ini teknologi ini merupakan teknologi yang sangat berdampak pada sejarah perdaban manusia. 

Also Read

Tags