4 Cara Cek Hp Realme Normal Atau Tidak

Redaksi

Cara Cek Hp Realme Normal Atau Tidak

Corong Nusantara – Realme merupakan salah satu ponsel yang saat ini paling banyak digunakan dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa smartphone ini memiliki kode yang sangat unik untuk dapat mengetahui dari cara cek hp realme normal atau tidak.

Cara Cek Hp Realme Normal Atau Tidak Melalui Kode Unik

Setiap pengguna smartphone apapun merknya, terkadang mereka ingin memeriksa apakah ponsel yang telah dibeli tersebut termasuk asli atau bukan. Nah, untuk dapat mengecek hal ini Anda membutuhkan berbagai macam cara atau bahkan untuk HP Realme ada beberapa kode unik.

1. Kode Unik (*#06#) dan (*#888#)

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwa, HP Realme memiliki kode unik yang berfungsi untuk dapat memeriksa hal-hal yang ganjil dalam ponsel yang sudah dibeli. Seperti contoh memerika keaslian smartphone. Untuk kode *#06# ini memiliki fungsi memeriksa nomor IMEI supaya bisa dipakai saat keadaan urgent.

Kemudian ada kode unik seperti *#888# yang berfungsi untuk dapat menampilkan enginer mode. Tampilannya akan berbentuk seperti barcode. Dari kedua kode unik yang dimiliki oleh HP Realme ini pastinya sangat berguna dan bisa dipakai saat keadaan darurat bagi setiap penggunanya.

Baca Juga :  Harga 2 Jutaan, Realme C53 NFC Memiliki Memori Jumbo Dan Pengecasan Ngebut

2. Kode Unik (*#808#) dan (*#*#4636#*#*)

Sama seperti saat Anda menggunakan kode *#888#, kode unik dari HP Realme *#808# memiliki fungsi sama yaitu menampilkan enginer mode. Namun, di bagian ini pengguna smartphone juga bisa mengecek atau dapat melihat tingkat kerusakan dari ponsel yang digunakannya. Seperti sensor, kamera, LCD dan lain-lain.

Sedangkan kode unik *#*#4636#*#* ini bisa Anda gunakan ketika smartphone Realme tiba-tiba mati atau bahkan restart dengan sendirinya. Dikarenakan fungsi ini akan memberitahukan kondisi dari perangkat pengguna, sama seperti kode *#808#. Kode tersebut sudah sering digunakan pengguna.

3. Kode Unik (*#*#232338#*#*) dan (*#*#273283*255*663282#*#*)

Kemudian ada kode unik lain yang bisa Anda coba pada Realme yang berguna untuk mengetahui apakah handphone tersebut normal seperti aslinya atau tidak. Kode *#*#232338#*#* ini berfungsi untuk dapat memeriksa pada bagian wifi atau networking / pengaturan jaringan lainnya.

Sedangkan untuk kode unik *#*#273283*255*663282#*#* meskipun panjang dapat membantu pengguna smartphone Realme. Untuk kode tersebut berfungsi agar Anda bisa menyalin atau memback up data secara cepat ke memori internal ataupun ke eksternal.

Cara Cek Hp Realme Normal Atau Tidak Dengan Memeriksa Hardware

Setelah membeli smartphone sesuai keinginan terkadang membuat hati senang, namun perlu Anda ketahui bahwa ponsel yang telah dibeli tersebut perlu diperiksa kembali keasliannya. Apakah sistem bagian dalamnya normal seperti HP aslinya atau tidak. Ada baiknya diperiksa awal daripada akan menimbulkan masalah setelah penggunaan jangka panjang.

Baca Juga :  4 Cara Reset Hp Realme Lupa Password

• Buka aplikasi Manager Telepon atau Manager Tlp di HP Realme

• Kemudian pilih uji rutin

• Lalu pilih deteksi sekarang

• Pilih bagian yang ingin Anda uji

• Atau bisa ceklist saja semuanya

• Pilih mulai deteksi

• Proses pengujiannya akan berlangsung secara otomatis

• Proses cek hardware HP Realme normal atau tidak selesai

Cara Cek Hp Realme Normal Atau Tidak Melalui IMEI HP Realme

Cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengecek apakah HP Realme normal / asli atau tidak ialah melalui nomor IMEI yang tertera pada smartphone bagian pengaturan / settings. Cara memeriksanya cukup mudah dan biasanya hal ini seringkali dilakukan oleh sebagian besar pengguna Realme.

• Buka HP Realme Anda

• Cari menu settings / pengaturan pada HP Realme Anda

• Kemudian pilih menu about phone / tentang ponsel

• Lalu pilih menu status

• Akan muncul informasi dari nomor IMEI pada layar ponsel

• Proses pengecekan nomor IMEI untuk memeriksa HP Realme normal / tidak selesai

Cara Cek Hp Realme Normal Atau Tidak Melalui KEMENPERIN

Memeriksa kenormalan atau tidaknya dari ponsel Realme, bisa Anda lakukan dengan mengunjungi situs resmi dari KEMENPERIN. Dalam penggunaan smartphone, setiap pengguna diharuskan untuk memeriksa keaslian dari handphone tersebut asli atau tidak supaya tidak menimbulkan masalah nantinya.

Baca Juga :  Rekomendasi Smartphone Android Murah RAM 4-8 GB Harga Rp 2 Jutaan

• Bukalah browser bawaan pada HP Realme Anda

• Buka situs resmi KEMENPERIN https://imei.kemenperin.go.id/

• Pada kolom, masukkan nomor IMEI HP Realme Anda

• Jika HP Realme Anda asli / normal maka akan terdaftar dan tertera di kolom tersebut

Demikian penjelasan terkait pembahasan cara cek hp realme normal atau tidak yang bisa Anda lakukan secara mudah dan sederhana. Setiap pengguna smartphone juga seringkali menggunakan cara tersebut dan berhasil. Selamat mencoba.

Also Read