2 Cara Mengubah Notifikasi WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi

Redaksi

Cara Mengubah Notifikasi WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Notifikasi WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting online yang paling banyak dipilih oleh para pengguna ponsel pintar, khususnya ponsel Android. Di WhatsApp kita bukan hanya bisa saling berkirim pesan teks saja, melainkan juga bisa berkirim gambar, video, audio, file dokumen bahkan juga share lokasi.

Saat ada pesan masuk di WhatsApp biasanya akan muncul notifikasi beserta suaranya. Suara notifikasi WhatsApp memungkinkan untuk kita ubah sesuai keinginan. Baik itu mengubahnya dengan jenis suara notifikasi lain atau suara notifikasi yang kita buat sendiri, misalnya saja notifikasi suara Google. Bagi Anda yang belum tahu, berikut cara mengubah notifikasi WA dengan suara Google tanpa aplikasi yang bisa disimak dan terapkan.

Cara Mengubah Notifikasi WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi

Untuk membuat suara notifikasi WhatsApp dengan suara Google, kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Ini tentunya sangat merepotkan, apalagi aplikasi baru yang dipasang di HP android juga akan memakan ruang di memori internal. Sebagai gantinya kita bisa memanfaatkan situs Text-to-Speech yang ada di internet.

Adapun cara mengubah notifikasi WA dengan suara Google tanpa aplikasi selengkapnya, sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Mengatasi Masalah Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul di iPhone

Langkah 1. Membuat Notifikasi Suara Google Secara Online

Langkah yang pertama Cara Mengubah Notifikasi WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi perlu dilakukan yakni membuat suara notifikasinya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, bahkan Anda bisa mengatur sendiri suara yang akan diucapkan dengan suara Google yang ikonik ini. Baik itu, suara notifikasi yang mengucapkan “Assalamu’alaikum”, “Ada WhatsApp Masuk”, “Woy, Ada Chat Baru Nih” atau yang lainnya.

  1. Langkah yang pertama Anda buka menu browser di perangat smartphone. Pastikan HP yang digunakan sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Kemudian buka halaman situs Text-to-Speech yang bernama Soundoftext.com.
  3. Pada halaman utama situs tersebut, sekarang kamu ketik tulisan yang ingin diucapkan dengan suara Google dan yang akan dijadikan suara notifikasi WA nanti. Masukkan tulisan tersebut pada bagian kolom Text.
  4. Sementara pada kolom Voice, kamu bisa mengubahnya menjadi Indonesian.
  5. Jika sudah, sekarang klik tombol Submit.
  6. Hasil suaranya akan ditampilkan di bawahnya, lebih tepatnya di bagian Sound. Cek suara notifikasi yang telah dibuat dengan klik tombol PLAY. Suara Google akan terdengar dan mengucapkan sesuai tulisan yang dimasukkan tadi.
  7. Jika memang sudah pas, tinggal Anda simpan suara notifikasinya dengan klik tombol Download. Maka file audio akan disimpan dalan bentuk file Mp3.
Baca Juga :  Rekening Bank Disita, Anak Perusahaan Google Di Rusia Mengalami Kebangkrutan

Langkah 2. Mengubah Suara Notifikasi WhatsApp

Setelah berhasil disimpan suara notifikasi WA dengan suara Googlenya, sekarang Anda bisa langsung menggunakannya untuk notifikasi WhatsApp. Untuk cara mengubah notifikasi WA ini sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama Anda buka aplikasi WhatsApp di perangkat smartphone.
  2. Pada halaman chat WhatsApp, Anda klik menu Tiga Titik di bagian pojok kanan atas tampilan.
  3. Kemudian klik pada opsi Setelan atau Settings.
  4. Nantinya Anda akan dibawa ke halaman Pengaturan WhatsApp. Selanjutnya klik pada opsi Notifikasi atau Notification.
  5. Pada bagian Pesan, Anda klik opsi Nada Notifikasi. Kemudian klik opsi Pilih dari File, lalu cari dan pilih suara notifikasi Google yang sudah didownload tadi.
  6. Klik tombol Kembali, lalu klik Nada Notifikasi yang ada di bagian Grup. Kemudian klik opsi Pilih dari File dan pilih notifikasi WhatsApp dengan suara Google tadi.
  7. Anda juga bisa menggunakan suara notifikasi Google ini untuk Nada Dering atau Panggilan WhatsApp.
  8. Selesai.

Itulah tadi cara mengubah notifikasi WA dengan suara Google tanpa aplikasi yang bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Also Read