Limbah Cucian Batubara Diduga Dibuang ke Sungai?

Redaksi

*DPRD Gumas Minta DLH Cek Dugaan Pencemaran Lingkungan
KUALA KURUN-Berdasarkan keterangan salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya, bahwa adanya aktivitas pencemaran lingkungan oleh salah satu perusahaan tambang batubara di Gunung Mas, dimana cucian limbah batu bara, langsung dibuang ke sungai-sungai kecil di wilayah desa Tumbang Tambirah, kabupaten Gunung Mas.
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Gunung Mas, Untung J Bangas meminta kepada pihak terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup sampai Kementerian Lingkungan Hidup mengecek dugaan pencemaran lingkungan yang terjadi di kawasan pertambangan batubara di wilayah desa Tambirah Kabupaten Gunung Mas.
Ia pun menambahkan bahwa dari informasi yang di lapangan bahwa pencemaran tersebut, sudah sangat meresahkan bagi masyarakat desa sekitar, dampak negatif bagi masyarakat di sekitar, bahwa persawahan masyarakat pun sudah tidak dapat pengairan yang cukup baik,selain itu akibat dugaan pencemaran lingkungan tersebut, air pun tidak dapat digunakan lagi untuk kebutuhan masyarakat sekitarnya.
Lanjut tambah dia, yang parahnya lagi pencemaran limbah tersebut sudah masuk ke sungai Das Kahayan, dimana kita ketahui bahwa air sungai Kahayan masih digunakan oleh masyarakat sekitar tidak hanya di wilayah kabupaten Gunung Mas, namun daerah yang masuk dalam DAS Sungai Kahayan.
“Pihak terkait harus segera mengambil sampel dan mengecek kelayakan ijin pengeolahan limbah dari cucian batubara tersebut. Jangan sampai ini sudah ada jatuh korban masyarakat kabupaten Gunung Mas, kasihan anak cucu kita nanti, akibat explorasi tambang yang besar-besaran, tapi tidak mematuhi aturan pengelolaan lingkugan yang baik,” tutur Politisi Partai Demokrat ini, Selasa, (26/4/2022).
Untung Jaya Bangas berharap, pihak kementerian lingkungan hidup sendiri dapat memantau dugaan pencemaran lingkungan hidup ini secara langsung, dan menilai betapa aturan pengelolaan lingkungan itu sendiri telah dilanggar.
“Kami sebagai orangtua, tidak ingin generasi muda kita maupun anak-anak kami, mendapatkan imbas dari pencemaran ini, bagaimana kesehatan kita perlu diperhatikan, bagaimana membangun kabupaten Gunung Mas, jika air yang di konsumsi tercemar oleh limbah batubara tersebut. Kami berharap pihak kementerian lingkungan hidup segera melakukan tindakan untuk keselamatan masyarakat kami di kabupaten Gunung Mas ini,” tukas Anggota DPRD Gunung Mas, Untung Jaya Bangas.

Also Read

Tags