Vaksin Rabies Kosong

Redaksi

*Pemprov diminta Melakukan Pengadaan dan Pendistribusian ke Puskesmas
PALANGKA RAYA/Corong Nusantara – Kosongnya vaksin Rabies di sejumlah unit pelayanan kesehatan, khususnya di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di kota Palangka Raya, mendapat perhatian khusus dari kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng).
Pasalnya, ketersediaan vaksin rabies sangat penting dalam rangka mengantisipasi penularan virus yang berasal dari gigitan hewan ke manusia.
“Dari informasi yang saya terima dari masyarakat, saat ini vaksin Rabies di sejumlah unit pelayanan kesehatan sedang kosong. Sehingga kita berharap agar hal ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah khususnya dinas/instansi terkait,” ucap Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Dra Hj Siti Nafsiah MSi, saat dikonfirmasi Tabengan di gedung dewan, Jumat (22/4/2022).
Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga mengingatkan kepada masyarakat, khususnya yang memelihara hewan jenis Camis Lupus Familiaris (Anjing,-red) dan Felis Catus (Kucing,-red), untuk memberikan vaksin Anti Rabies secara bertahap.
“Hewan jenis anjing dan kucing, cukup rentan terhadap penularan virus Rabies. Sehingga untuk mencegah penularan ke manusia, sangat penting bagi sipemilik untuk memberikan vaksin kepada hewan peliharaannya secara rutin atau 6 bulan sekali,” ujarnya.
Kendati demikian, ia berharap supaya Pemprov Kalteng segera menyediakan stok vaksin melalui anggaran yang tersedia dan di distribusikan ke seluruh unit pelayanan kesehatan di Kalteng, khususnya Puskesmas dan Pustu yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan.
“Yang terpenting saat ini adalah Pemerintah diharapkan bisa secepatnya menyediakan stok vaksin serta mendistribusikannya ke Puskesmas maupun pustu. Apalagi Puskesmas dan Pustu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” pungkas Wakil Ketua Fraksi Partai Golongan Karya (golkar) DPRD Kalteng yang juga Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kalteng ini. nvd

Also Read

Tags