2 Cara Mengecek Kuota XL Lewat SMS dan Aplikasi yang Wajib Dicoba

Redaksi

Cara Mengecek Kuota XL Lewat SMS dan Aplikasi

Cara Mengecek Kuota XL Lewat SMS dan Aplikasi – XL Axiata merupakan salah satu provider kartu seluler yang terkenal dengan layanan paketnya dengan banderol harga terjangkau. Khususnya untuk layanan paket internet, XL menyediakan beragam jenis paket internet dengan nominal kuota yang bervariasi. Beberapa paket ada yang ditawarkan dalam bentuk bundling dan tentunya dengan harga yang bersaing.

Sebagai pengguna kartu XL, mungkin Anda penasaran dengan sisa kuota paket internet yang dimiliki. Setidaknya ada 3 cara termudah untuk mengetahui sisa kuota di kartu XL ini, yakni melalui layanan SMS, menggunakan kode dial dan lewat aplikasi MyXL. Berikut cara mengecek kuota XL lewat SMS dan Aplikasi yang mudah bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Mengecek Kuota XL Lewat SMS dan Aplikasi

Untuk mengecek sisa kuota internet XL paling mudah memang melalui aplikasi MyXL. Namun, untuk menerapkan cara ini Anda perlu terhubung dulu ke jaringan internet. Atau jika tidak dapat terhubung ke internet, maka Anda bisa melakukan pengecekan sisa kuotanya dengan melalui layanan SMS.

Adapun cara mengecek kuota XL lewat SMS dan aplikasi MyXL selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Sisa Kuota XL Lewat Layanan SMS

Untuk cara yang pertama yakni kita bisa memanfaatkan layanan SMS untuk mengetahui sisa kuota yang tersedia. Selain tanpa internet, cara pengecekan melalui SMS ini juga tidak akan memotong pulsa alias gratis. Setelah SMS terkirim, nantinya akan ada SMS balasan yang menginformasikan sisa kuota internet yang Anda miliki. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Pesan di perangkat smartphone.
  • Kemudian klik ikon Tambah untuk mengirimkan pesan baru.
  • Sekarang Anda isi dengan nomor 868 pada kolom nomor tujuan SMS.
  • Sementara pada bagian kolom isi SMS Anda ketik dengan format KUOTA.
  • Kemudian klik tombol Kirim.
  • Tunggu SMS balasan yang masuk, di sana Anda akan langsung melihat sisa kuota yang tersedia beserta masa berlaku kuota tersebut.
  • Selesai.
Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Kartu XL Hanya Panggilan Darurat

Ada kalanya SMS balasan tidak kunjung masuk di perangkat HP dan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Cara terampuh untuk mengatasinya yakni dengan melakukan restart HP android terlebih dahulu. Setelah HP menyala kembali, biasanya SMS balasan dari XL akan langsung masuk. Dan jika memang masih belum masuk, maka Anda bisa mengirim ulang SMS pengecekan kuota XL seperti yang sudah dijelaskan di atas.

2. Cek Sisa Kuota XL Lewat Aplikasi MyXL

Sementara untuk cara yang kedua ini kita bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, yakni bernama MyXL. Ini merupakan aplikasi resmi dari XL, sehingga Anda tidak perlu meragukan soal keamanannya. Untuk langkah-langkah pengecekannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download dan install aplikasi MyXL melalui Google Play Store.
  • Selanjutnya Anda buka aplikasi tersebut. Lalu masuk ke akun MyXL dengan menggunakan nomor XL milik Anda.
  • Biasanya aplikasi akan meminta Anda untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang didapat melalui layanan SMS.
  • Diasumsikan Anda sudah berhasil masuk ke halaman Beranda MyXL. Di halaman depan aplikasi MyXL tersebut Anda akan langsung melihat sisa kuota yang dimiliki. Atau untuk informasi lebih lengkap dengan klik tombol Lihat Detail.
  • Selesai.
Baca Juga :  Beberapa Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori Secara Mudah

Itulah tadi cara mengecek kuota XL lewat SMS dan aplikasi yang mudah bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Also Read