5 Cara Mengatasi Kartu XL Hanya Panggilan Darurat

Redaksi

Cara Mengatasi Kartu XL Hanya Panggilan Darurat

Cara Mengatasi Kartu XL Hanya Panggilan Darurat – Kartu XL Axiata banyak diminati oleh para pengguna smartphone saat ini, khususnya kawula muda yang tidak bisa terlepas dari aktivitas online. XL memang termasuk salah satu provider kartu seluler yang menyediakan layanan paket internet dengan harga cukup terjangkau. Ada banyak pilihan paket internet yang disediakan dan bisa dinikmati oleh semua pelanggan setia XL.

Menggunakan kartu XL di perangkat smartphone, terkadang ada masalah error yang ditemukan. Misalnya saja kartu SIM XL yang keluar tulisan “Hanya Panggilan Darurat”. Masalah seperti ini cukup sering dialami oleh pengguna dan penyebabnya pun bisa karena banyak faktor. Lantas, bagaimana cara mengatasi kartu XL hanya panggilan darurat tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Kartu XL Hanya Panggilan Darurat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah kartu SIM hanya panggilan darurat di HP android. Cara-cara ini cukup mudah untuk diterapkan, bahkan bagi Anda yang masih awam. Adapun cara mengatasi kartu XL hanya panggilan darurat yang ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Aktifkan Mode Pesawat di HP

Cara yang pertama bisa dilakukan untuk mengatasi kartu XL hanya panggilan darurat yakni dengan menghidupkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Caranya dengan mengusap layar dari atas ke bawah hingga muncul Quick Panel, selanjutnya tekan pada ikon Mode Pesawat.

Baca Juga :  3 Cara Mengatasi Nomor XL yang Tidak Bisa Ditelpon

Diamkan beberapa saat, lalu matikan lagi Mode Pesawat tersebut. Jaringan di HP akan melakukan scanning ulang dan biasanya masalah Hanya Panggilan Darurat akan teratasi.

2. Mengubah Mode Jaringan di HP

Jika masih tetap, cara selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan mengubah mode jaringan. Bisa jadi hal ini dikarenakan lokasi Anda belum tercover mode jaringan yang digunakan saat ini. Misalnya mode jaringan di HP diubah ke mode jaringan 4G saja, sementara lokasi tersebut belum tercover jaringan 4G.

Untuk mengubah mode jaringan di HP android bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Koneksi >> Jaringan Seluler >> pilih SIM1 atau SIM2 >> Mode Jaringan >> ubah mode jaringan sesuai keinginan.

3. Berpindah Lokasi

Masih ada hubungannya dengan cara nomor di atas, munculnya Hanya Panggilan Darurat dikarenakan area yang belum tercover jaringan XL. Untuk itu, Anda bisa berpindah ke lokasi lain yang memang sudah tercover jaringan XL tersebut.

4. Periksa Kartu SIM XL

Penyebab lainnya bisa karena kartu XL yang bermasalah sehingga tidak dapat terhubung ke jaringan XL yang tersedia. Keluarkan kartu SIM XL yang error tersebut, kemudian bersihkan bagian kuningannya dengan karet penghapus pensil. Jika sudah, selanjutnya pasang kembali ke HP.

Baca Juga :  Cara Memperkuat Sinyal XL 4G LTE di HP Android yang Mudah Diterapkan

Jika masih tetap, cobalah untuk memasangkan kartu SIM XL tersebut di HP lain. Apakah jaringannya muncul? Jika benar, berarti bukan kartum SIM tersebut yang bermasalah. Melainkan HP Anda yang mungkin mengalami kerusakan pada slot kartu SIM-nya sehingga tidak bisa membaca kartu SIM yang dipasang di dalamnya.

5. Membawa HP ke Tempat Servis

Jika memang masalah terdapat pada HP android, cara terbaik untuk mengatasi hanya panggilan darurat yakni dengan membawanya ke tukang servis HP. Mereka pasti tahu cara yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kartu XL hanya panggilan darurat yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Also Read