2 Cara Menonaktifkan Kartu Axis yang Sudah Terdaftar

Redaksi

Cara Menonaktifkan Kartu Axis yang Sudah Terdaftar

Cara Menonaktifkan Kartu Axis yang Sudah Terdaftar – Semenjak diakuisisi oleh XL Axiata, Axis semakin baik dalam hal jaringan. Bahkan bukan hanya kualitas jaringannya saja, jangkauan jaringan Axis juga sudah meluas hingga ke pelosok desa. Sekarang semua orang sudah bisa menikmati semua layanan yang diberikan oleh Axis, khususnya mereka yang tinggal di pedesaan. Tidak akan lagi merasakan sinyal hilang selama waktu mudik di kampung halaman.

Untuk menggunakan kartu Axis, kita perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan Nomor KK dan NIK. Sayangnya, NIK ini hanya bisa digunakan untuk mendaftar maksimal 3 kali. Jika Anda ingin menggunakannya untuk registrasi kartu Axis baru, maka perlu melakukan unreg pada nomor Axis yang sudah terdaftar sebelumnya. Berikut cara menonaktifkan kartu Axis yang sudah terdaftar bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Menonaktifkan Kartu Axis yang Sudah Terdaftar

Untuk menonaktifkan kartu Axis yang sebelumnya sudah diregistrasi, setidaknya ada 2 cara termudah yang bisa dilakukan. Salah satu cara ini bahkan memungkinkan dilakukan pada kartu Axis yang sudah hilang atau kartu rusak. Jika sudah berhasil menonaktifkannya, maka NIK yang telah digunakan untuk registrasi kartu Axis tersebut, sekarang bisa Anda gunakan lagi untuk registrasi kartu Axis baru.

Baca Juga :  Cara Unreg Kartu Axis yang Sudah Hilang

Adapun cara menonaktifkan kartu Axis yang sudah terdaftar yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menonaktifkan Kartu Axis Lewat SMS

Cara Menonaktifkan Kartu Axis yang Sudah Terdaftar yang pertama ini bisa dilakukan jika kartu Axis yang ingin Anda nonaktifkan atau unregistrasi masih aktif dan bisa digunakan. Anda bisa mengirimkan SMS unreg melalui nomor Axis tersebut ke pihak operator. Nantinya, kartu akan segera dinonaktifkan sehingga tidak bisa diakses lagi di kemudian hari.

Apakah bisa mengirim SMS unreg kartu Axis tanpa memiliki pulsa? Tentu bisa. Layanan unreg kartu Axis melalui SMS ini sepenuhnya gratis alias tidak membutuhkan pulsa sepeser pun. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Pesan di perangkat smartphone.
  • Pada halaman utama Pesan, Anda klik ikon Tambah untuk mengirim pesan baru.
  • Pada bagian kolom Nomor Tujuan Pesan, Anda isi dengan nomor 4444.
  • Kemudian pada bagian kolom Isi Pesan, Anda isi dengan format UNREG#NomorAxis. Misalnya saja nomor Axis yang ingin diunreg adalah 081234567890, maka format SMSnya menjadi UNREG#081234567890
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Kirim.
  • Tunggu beberapa waktu, nantinya akan ada SMS balasan masuk dari nomor 4444 yang menyatakan kalau kartu Axis Anda sudah berhasil dinonaktifkan atau diunregistrasi.
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Kuota Axis Tidak Masuk

2. Menonaktifkan Kartu Axis Langsung ke Gerai Resmi

Sementara jika kartu Axis yang ingin Anda unreg atau nonaktifkan sudah hilang, maka cara ini bisa dilakukan. Bisa juga untuk menonaktifkan kartu Axis yang rusak dan tidak bisa diakses sama sekali. Cukup Anda datangi Service Center XL / Axis terdekat di kota Anda dengan membawa Kartu Keluarga dan KTP/SIM yang terdaftar di nomor Axis tersebut.

Nantinya customer service akan membantu Anda untuk melakukan penonaktifan pada kartu Axis yang hilang atau rusak tersebut. Meski demikian, cara ini juga bisa dilakukan untuk kartu Axis yang masih aktif, Anda hanya perlu membawanya untuk mempermudah proses penonaktifan kartu. Customer service akan melakukan pencocokan dan validasi data. Jika memang cocok, maka kartu akan segera dinonaktifkan.

Itulah tadi cara menonaktifkan kartu Axis yang sudah terdaftar paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Also Read