4 Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi yang Wajib Dicoba

Redaksi

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi – Pengoperasian HP dengan intensitas tinggi akan berdampak pada usia komponen di dalamnya menjadi lebih pendek. Meskipun hal ini juga bisa diakibatkan oleh hal lainnya yang tidak bisa diduga-duga. Salah satu komponen yang paling sering terkena dampak akibat penggunaan HP yang terlalu sering yakni baterai. Fungsi baterai bisa saja menurun sehingga performanya tidak semaksimal di waktu pertama kali membeli HP tersebut.

Berbicara mengenai baterai HP, paling erat kaitannya dengan charger atau pengisi daya. Charger sendiri merupakan alat yang fungsinya untuk menyalurkan daya listrik untuk disimpan oleh baterai. Pada kondisi tertentu, charger cukup lambat dalam mengisi daya baterai hingga penuh. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling penting di sini adalah bagaimana cara memperbaiki charger HP lambat mengisi tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai yang lama terisinya, bahkan menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan bagi Anda yang masih awam. Adapun cara memperbaiki charger HP lambat mengisi daya selengkapnya, sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Melihat Nomor XL Sendiri di HP Terbaru 2023

1. Periksa Stop Kontak

Baterai HP yang lambat dalam mengisi daya bisa jadi karena aliran listrik dari stop kontak yang tidak stabil. Mungkin karena ada kabel atau komponen di dalam stop kontak yang kurang maksimal dalam menyalurkan daya listrik.

Anda bisa menggunakan alat pengukur tegangan listrik di stop kontak, apakah normal atau sebaliknya. Jika memang bermasalah, maka Anda perlu mengganti stop kontak tersebut.

2. Charger Bukan Original

Setiap seri HP android dibekali dengan charger ori bawaan dari pabrikan. Chargernya ini sudah didesain khusus agar tegangannya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh baterai. Dengan demikian hal ini akan membuat pengisian daya baterai menjadi lebih optimal.

Berbeda lagi jika Anda menggunakan charger bukan originalnya, kemungkinan hal ini menjadi penyebab utama daya baterai di HP lama sekali penuhnya. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan mengganti charger dengan charger ori sesuai seri HP android milik Anda.

3. Jangan Memainkan HP saat Dicharging

Inilah kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna dalam hal pengisian daya baterai. Mereka tetap mengoperasikan HP sembari mengisi daya baterainya. Hal ini dapat menyebabkan aliran listrik keluar-masuk secara bersamaan, akhirnya menyebabkan daya baterai lambat dalam pengisiannya.

Baca Juga :  Cara Menghapus Video di Youtube Lewat HP

Tidak hanya itu saja, dampak lainnya akan membuat suhu HP menjadi panas bahkan overheat. Hal ini semakin membuat pengisian daya baterai lebih lambat meskipun dicharger dalam waktu sangat lama.

Selain menaruh HP saat melakukan pengisian daya, juga ada hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan pengisian dayanya. Yakni mematikan HP selama mengisi daya, atau paling tidak mematikan data seluler dan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

4. Mengganti Charger HP

Bukan karena charger tidak ori, tetapi memang karena charger sudah seharusnya diganti dengan yang baru. Bisa jadi ada kerusakan pada komponen di dalam charger sehingga ia tidak dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Kondisi terparahnya, baterai HP bukannya terisi daya, melainkan semakin berkurang.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki charger HP lambat mengisi yang ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Also Read