8 Figur Kuat di Pilkada Kalteng 2024

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong NusantaraDalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan serentak 2024, seluruh partai politik berfokus pada tahapan verifikasi faktual. Sejumlah partai potensial turut mendapat perhatian dari pengamat politik.

Menurut pengamat politik Donny Laseduw, dalam kontestasi Pilkada 2024, khususnya di Kalteng, akan terjadi 3 poros besar yang berasal dari PDI Perjuangan, Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Demokrat. Tiga poros tersebut memiliki figur potensial yang mampu bersaing sebagai bakal calon Gubernur Kalteng periode 2024-2029.

“Saya menilai 3 poros besar yang masuk dalam kategori partai seksi dalam Pilkada serentak Kalteng tahun 2024 ini, memiliki figur-figur potensial yang nantinya siap bersaing sebagai bakal calon Gubernur Kalteng. Tinggal bagaimana berkoalisi karena ada partai yang bisa mengusung calon sendiri dan ada partai yang memang harus berkoalisi dalam rangka melengkapi persyaratan jumlah kursi minimal untuk bisa mengusung bakal calon,” ucap Donny, kepada Tabengan, Senin (15/8).

Dijelaskan Donny, figur potensial dalam kontestasi Pilkada tersebut di antaranya H Agustiar Sabran dari PDI Perjuangan, H Abdul Razak dari Partai Golkar, H Nadalsyah dari Partai Demokrat, Perdie M Yoseph dari PDI Perjuangan dan H Edy Pratowo yang saat ini menjabat sebagai Wagub Kalteng.

“Apabila melihat dari sumbernya, jabatan gubernur tentunya berasal dari Parpol dan berdasarkan pemetaan politik saat ini, terdapat 5 figur yang mulai muncul ke permukaan, yaitu H Agustiar Sabran, H Abdul Razak, H Nadalsyah, Perdie M Yoseph dan H Edy Pratowo. Figur-figur ini bisa dikatakan figur kuat karena memiliki track record sendiri dalam dunia perpolitikan,” ujarnya.

Kendati demikian, apabila ditinjau dari segi kekuatan politik, terdapat 3 dari 5 figur kuat tersebut, yakni H Agustiar Sabran yang menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD).

Kemudian H Abdul Razak yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kalteng dari Dapil III meliputi Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara. Abdul Razak merupakan politisi senior dari Partai Golkar yang pernah menduduki posisi sebagai Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) 2 periode.

Terakhir, yaitu figur H Nadalsyah yang digadang sebagai pesaing kuat di Pilkada Kalteng 2024. Bupati Barito Utara (Barut) yang akrab disapa Koyem ini, menduduki jabatan politik strategis sebagai Ketua Umum Partai Demokrat Kalteng.

“Dari 5 figur tersebut, ada 3 figur kuat yang berpotensi bersaing secara ketat dalam Pilkada Kalteng 2024, yakni H Agustiar Sabran, H Abdul Razak dan H Nadalsyah. Namun, tidak menutup kemungkinan sosok Perdie M Yoseph dan H Edy Pratowo menjadi kuda hitam dalam Pilgub,” tandasnya.

Selain itu, apabila konstruksi dari parpol saat pelaksanan Pilkada mengedepankan unsur tua dan muda, maka terdapat sejumlah figur muda yang berpotensi menduduki posisi Gubernur atau Wakil Gubernur .

Figur muda yang kuat tersebut bisa saja Asdy Narang pernah di DPR RI merupakan putera R Atu Narang atau Monica Putri Rasyid yang merupakan putri dari bapak H Abdul Rasyid, kemudian Ketua DPW Partai NasDem Kalteng Hj Faridawaty Darland Atjeh,” pungkasnya nvd

Also Read

Tags