7 Manfaat Buah Langsat yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Redaksi

7 Manfaat Buah Langsat yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Langsat – Buah langsat, salah satu buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia, tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Mari kita lebih mengenal buah langsat dan berbagai manfaatnya untuk tubuh!

Pengenalan Buah Langsat

Buah langsat berasal dari anggota keluarga Meliaceae. Langsat (L. domesticum var. domesticum) memiliki bentuk yang sangat mirip dengan buah duku karena keduanya berasal dari spesies yang sama.

Perbedaan mencolok antara langsat dan duku terletak pada kulitnya yang lebih tipis dan kandungan getah yang lebih banyak pada langsat, bahkan setelah buahnya matang, sedangkan buah duku tidak menghasilkan getah saat matang.

Meskipun demikian, kedua buah ini sama-sama lezat dan menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Buah langsat kaya serat, vitamin, dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Polifenol, suatu jenis antioksidan, terdapat dalam daging buah langsat, tetapi jumlah yang paling banyak terdapat pada kulit dan bijinya.

Sebuah analisis kuantitatif menunjukkan bahwa kulit buah langsat mengandung flavonoid paling tinggi dibandingkan dengan buah tropis lainnya. Selain itu, buah langsat juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Manfaat Buah Langsat yang Luar Biasa

Buah langsat yang segar dan memiliki rasa asam kadang-kadang memberikan sensasi menyegarkan saat dikonsumsi. Selain kelezatannya, berbagai manfaat buah langsat juga dapat dirasakan berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga :  Dorong Percepatan Vaksinasi Bagi Pelajar

Berikut adalah 7 manfaat buah langsat yang luar biasa!

Sumber Serat Alami yang Baik untuk Pencernaan

Serat merupakan nutrisi penting dalam mendukung sistem pencernaan.

Dengan kandungan serat yang tinggi, buah langsat dipercaya dapat membantu mengatasi gejala sembelit atau mencegah terjadinya sembelit. Setiap 100 gram buah langsat mengandung sekitar 2 gram serat, jumlah ini dapat memenuhi 8-11% kebutuhan serat harian untuk wanita dan 6-8% kebutuhan serat harian untuk pria.

Membantu Mengontrol Berat Badan

Manfaat buah langsat lainnya adalah kemampuannya dalam membantu mengontrol berat badan.

Langsat dapat menjadi pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dalam langsat berperan penting dalam manfaat ini. Selain itu, buah langsat tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaat langsat untuk diet penurunan berat badan, tetap perhatikan asupan kalori yang Anda konsumsi. Perlu diketahui bahwa 100 gram langsat mengandung sekitar 57 kalori, jumlah kalori ini lebih rendah dibandingkan dengan buah duku.

Mencegah Diabetes

Meskipun tidak memiliki manfaat langsung untuk diabetes, buah langsat dapat dikonsumsi dengan aman oleh penderita diabetes.

Kandungan serat yang tinggi dan kemampuan langsat dalam mengontrol berat badan dapat menjadikannya buah yang baik untuk mencegah diabetes. Seperti yang diketahui, obesitas adalah salah satu faktor risiko utama penyakit diabetes.

Baca Juga :  RSUD Doris Sylvanus Nunggak Gaji Pegawai Kontrak

Mengontrol Kadar Kolesterol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, langsat tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Bahkan, langsat dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makanan yang tinggi serat, terutama serat larut dalam air, efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat ini menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

Menjaga Metabolisme Tubuh

Buah langsat merupakan sumber vitamin B kompleks seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan folat.

Vitamin B kompleks berperan dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Selain itu, kandungan vitamin B2 yang cukup tinggi dalam buah langsat juga bermanfaat untuk menjaga sistem saraf agar berfungsi dengan baik.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat buah langsat selanjutnya adalah kemampuannya dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung.

Langsat membantu mengontrol kolesterol, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam buah langsat juga berperan dalam mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Mencerahkan Kulit

Manfaat buah langsat untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi, bahkan beberapa produk perawatan kulit menggunakan ekstrak langsat sebagai salah satu bahan formulanya.

Perawatan kulit dengan kandungan buah langsat dipercaya dapat membantu mencerahkan dan melembapkan kulit. Selain itu, langsat juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Baca Juga :  Penyakit Berbahaya Intai Korban Banjir 

Cara Menggunakan Buah Langsat

Bagian yang dapat dikonsumsi dari buah langsat adalah daging buahnya saja, sedangkan biji dan kulitnya tidak dapat dikonsumsi. Mengonsumsi biji langsat tidak berbahaya, tetapi akan memberikan rasa pahit di lidah.

Saat ini, belum banyak tersedia produk ekstrak buah langsat. Namun, ekstrak langsat mungkin dapat ditemukan dalam beberapa produk perawatan kecantikan. Siapa pun dapat menggunakan produk kecantikan dengan kandungan langsat, asalkan sesuai dengan kebutuhan kulitnya.

Meskipun manfaat buah langsat untuk tubuh sangat banyak, sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Kandungan gula dalam langsat cukup tinggi, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah yang berlebihan.

Berbagai manfaat langsat di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan tingkat efektivitasnya. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah langsat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Also Read