7 Penyebab Metabolisme Tubuh Melambat: Kenali dan Waspadai!

Redaksi

7 Penyebab Metabolisme Tubuh Melambat

Penyebab Metabolisme Tubuh Melambat – Sistem metabolisme tubuh seringkali diabaikan oleh banyak orang, padahal bila terganggu atau melambat, dapat menyebabkan dampak kesehatan seperti kenaikan berat badan dan masalah lainnya. Selain faktor genetik dan hormon, gaya hidup yang tidak sehat juga berperan dalam mempengaruhi metabolisme tubuh. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat:

Penyebab Metabolisme Tubuh Melambat

Kekurangan Tidur

Kurang tidur telah diketahui sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Banyak orang terbiasa begadang karena pekerjaan, menonton televisi, atau menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman. Padahal, kurang tidur dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menggunakan energi secara optimal. Begadang juga seringkali menyebabkan makan di larut malam, yang dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh dan meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

Diet Ketat

Banyak orang mengadopsi diet ketat untuk menurunkan berat badan dengan cepat, seperti melewatkan waktu makan atau mengurangi porsi makan secara drastis. Meskipun ini mungkin berhasil menurunkan berat badan, diet ketat dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Tubuh harus tetap berfungsi dengan aktivitas normal namun dengan kalori yang lebih sedikit, yang menyebabkan tubuh melambatkan metabolisme dan mengurangi massa otot untuk mengatasi kekurangan energi.

Baca Juga :  6 Makanan Sehat yang Bermanfaat untuk Tubuh

Dehidrasi

Kurang minum juga dapat menyebabkan dehidrasi dan memperlambat sistem metabolisme tubuh. Tubuh memerlukan cairan yang cukup untuk mendukung kinerja sistem metabolisme dan organ tubuh. Rendahnya kadar cairan dalam tubuh dapat menyebabkan organ tubuh berfungsi lebih lambat.

Diet Garam yang Tidak Tepat

Beberapa orang menerapkan pola makan dengan jenis garam yang disebut memiliki banyak khasiat, tetapi seringkali kurang mengandung yodium. Kelenjar tiroid membutuhkan yodium untuk berfungsi dengan baik dalam mengatur sistem metabolisme tubuh. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau pakar diet untuk memastikan asupan yodium yang cukup.

Kekurangan Asupan Kalsium

Kalsium tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi juga berperan dalam menjaga kelancaran sistem metabolisme tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu sapi, susu kedelai, ikan salmon, jus jeruk, tempe, dan tahu untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Stres Kronis

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan mengganggu sistem metabolisme. Mengelola stres dengan baik sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan sistem metabolisme yang sehat.

Konsumsi Makanan Berlemak

Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan bersantan, selain menggoda lidah, juga dapat menyebabkan resistensi insulin. Kondisi ini dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan meningkatkan risiko obesitas serta diabetes.

Baca Juga :  Dampak Negatif Kebiasaan Mengonsumsi Permen pada Kesehatan Gigi dan Tubuh

Hindari berbagai hal di atas untuk menjaga sistem metabolisme tubuh tetap berfungsi normal, sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Jaga gaya hidup sehat dan perhatikan pola makan serta aktivitas fisik secara teratur.

Dengan begitu, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

 

Also Read