AVINA TRIANI DILANTIK SEBAGAI BUNDA LITERASI

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara – Wali Kota Palangka Raya Fairid Nafarin mengukuhkan Avina Triani sebagai Bunda Literasi pada kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan dan Pengukuhan Bunda Literasi Kota Palangka Raya. Tema yang diangkat adalah Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional.

Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Ofy Sofiana, mengatakan, literasi merupakan keberaksaraan, yakni kemampuan menulis dan membaca. Literasi merupakan istilah umum yang mengacu kepada seperangkat kemampuan, dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara menghitung, dan dapat menjadi pemecah masalah.

Perpustakaan nasional, kata Ofy, merumuskan lima tingkat literasi untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM), yakni baca tulis, hitung, sains, dan pembentukan karakter anak bangsa. Kemudian, akses bahan bacaan terjangkau yang akurat, terkini, terlengkap dan terpercaya dari 10 mesin pencarian ilmu pengetahuan terbaru. Selanjutnya, memahami apa makna yang tersirat dan tersurat.

Dan, lanjut Ofy, memiliki mental yang kuat, karakter yang tangguh, inovasi, kreativitas sebagai antisipasi perkembangan teknologi informasi yang cepat. Serta, memiliki kecakapan ilmu pengetahuan, dan keterampilan. Program Bunda Literasi merupakan strategi yang dipilih, juga digunakan Perpustakaan Nasional RI dalam memotivasi kesadaran masyarakat untuk membaca.

“Kehadiran seorang Bunda Literasi di tengah-tengah masyarakat akan menjadi pengungkit, dan pendorong kebiasaan masyarakat Indonesia untuk berbudaya gemar membaca,” kata Ofy, dalam sambutannya usai mengikuti Pengukuhan Bunda Literasi Kota Palangka Raya, Selasa (26/7) di Palangka Raya.

Bunda Literasi memiliki peran dalam proses sosialisasi budaya literasi akan cepat menyentuh masyarakat. Terlebih bila dipadukan dengan program Tim Penggerak PKK.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Nafarin, dalam sambutannya menyampaikan, untuk pembinaan dan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca pada semua lini, serta mengoptimalkan fungsi transformasi perpustakaan dan penguatan Literasi yang dimulai dengan Gemar membaca.

“Saya meyakini Avina Triani Almira mempunyai perhatian dan kepedulian tinggi terhadap pembudayaan kegemaran membaca, dan meningkatkan Ilmu Pengetahuan di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah,” kata Fairid singkat.ded

Also Read

Tags