Batuk Memicu Nyeri di Pinggang Belakang: Faktor Pemicu dan Cara Penanganannya

Redaksi

Batuk Memicu Nyeri di Pinggang Belakang - Faktor Pemicu dan Cara Penanganannya

Batuk Memicu Nyeri di Pinggang Belakang – Batuk adalah salah satu tanda gangguan yang bisa terjadi di tubuh manusia. Pada umumnya, batuk muncul akibat pilek atau flu. Namun, terdapat kondisi tertentu di mana batuk dapat timbul karena rasa gatal di tenggorokan yang sulit dikendalikan. Tak hanya itu, batuk juga bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri di bagian kepala, dada, bahkan hingga pinggang belakang atau lower back.

Penyebab Nyeri di Pinggang Belakang saat Batuk

Nyeri yang terjadi di pinggang belakang saat batuk bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa jenis pemicu yang sering terjadi:

Disk Herniasi

Tulang-tulang dalam tubuh kita bersambung satu sama lain melalui persendian. Di antara persendian ini terdapat lempeng atau cakram lunak yang berfungsi sebagai bantalan dan cairan untuk mengurangi gesekan. Namun, pada kondisi tertentu, terutama saat batuk dengan sangat intens, tulang belakang bisa mengalami guncangan yang menyebabkan cakram lunak tersebut berpindah posisi dan memicu rasa nyeri yang kuat.

Penanganan kondisi ini umumnya melibatkan penggunaan obat pereda nyeri sesuai dengan resep dokter. Jika nyeri tidak kunjung hilang dan kondisi tubuh semakin parah, mungkin diperlukan tindakan operasi.

Otot Kaku

Jika Anda terlalu banyak bekerja atau sering membungkuk ke depan, otot di bagian belakang tubuh bisa menjadi kaku. Ligamen di beberapa tulang juga dapat mengalami peradangan. Ketika kondisi ini terjadi, batuk bisa memicu rasa nyeri yang cukup intens.

Untuk mengatasi otot kaku di pinggang belakang, Anda dapat melakukan olahraga ringan agar otot tetap fleksibel atau menggunakan salep pereda nyeri untuk mengurangi peradangan. Jika Anda tetap diam dan enggan bergerak, rasa nyeri akan semakin kuat.

Spinal Stenosis

Seiring bertambahnya usia, sistem tulang belakang dapat mengalami gangguan. Salah satu gangguan ini adalah penurunan bantalan antar tulang yang saling bersambung. Kondisi ini menyebabkan saraf mengalami tekanan atau bahkan terjepit. Tekanan pada tulang belakang ini akan semakin kuat saat Anda batuk.

Sayangnya, kondisi ini tidak bisa dicegah karena merupakan bagian dari proses penuaan alami. Hal yang dapat dilakukan adalah mengatasi rasa nyeri yang timbul dan menghindari aktivitas fisik yang berlebihan.

Kanker Paru-paru

Ketika seseorang mengalami kanker paru-paru yang sudah menyebar ke berbagai organ, sangat mungkin menyebabkan nyeri hingga ke tulang belakang. Jika kanker sudah menyebar ke beberapa organ di sekitarnya, berarti kondisi sudah sangat parah, mungkin sudah mencapai stadium empat.

Penderita dengan kondisi ini tidak hanya merasakan nyeri di pinggang belakang saat batuk, tetapi juga mengalami gejala lain seperti batuk berdarah, mengi setiap kali bernapas, kesulitan bernapas, penurunan berat badan yang drastis, dan kelelahan yang luar biasa.

Penanganan di Rumah

Jika Anda sedang mengalami pilek dan batuk yang menyebabkan nyeri di bagian belakang tubuh, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa nyeri:

Lakukan pengompresan dengan air hangat atau es di bagian yang terasa nyeri saat batuk. Pengompresan ini dapat membuat area tersebut menjadi lebih nyaman, dan jika ada inflamasi, pembengkakan dapat berkurang dengan cepat.

Tetap bergerak aktif meskipun mengalami sedikit rasa sakit. Jika Anda tidak menggunakan pinggang dengan baik selama 2 hari, kemungkinan besar akan terjadi kaku. Jika sudah kaku, rasa sakit akan semakin kuat dari sebelumnya.

Jika rasa nyeri semakin mengganggu, sulit untuk beristirahat, dan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, Anda dapat mengonsumsi NSAID seperti ibuprofen untuk meredakan nyeri.

Lakukan aktivitas yang membuat pinggang bawah menjadi lebih rileks dan tidak terasa kaku. Yoga atau olahraga ringan dapat membantu melenturkan tubuh secara keseluruhan.

Coba untuk mencegah batuk yang terlalu intens. Usahakan untuk menahannya agar tubuh tidak mengalami guncangan yang berlebihan. Jika batuk disebabkan oleh flu atau pilek, sebaiknya minum obat untuk meredakannya.

Kondisi yang Memerlukan Perhatian Medis

Jika Anda mengalami beberapa hal berikut, segera hubungi dokter. Jika tidak, kondisi mungkin bisa menjadi lebih buruk:

Terjadi perubahan atau penurunan fungsi saluran cerna dan kemih. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan perubahan ini, kemungkinan ada masalah kesehatan dalam tubuh.

Terasa gangguan di area panggul dan merasa ada sesuatu yang mengganjal saat duduk atau beraktivitas.

Saat batuk, kondisi tubuh semakin menurun dan disertai dengan kenaikan suhu tubuh mencapai 39°C.

Batuk yang sangat intens disertai dengan kelemahan yang sangat pada kaki dan tangan. Hal ini menyulitkan pergerakan dan mengangkat benda.

Nyeri di belakang tubuh semakin intens dan berbagai pengobatan di rumah tidak memberikan perubahan sama sekali.

Nyeri dan ketidaknyamanan yang terjadi berulang-ulang tanpa ada perbaikan.

Kesimpulan

Itulah beberapa faktor pemicu sakit di pinggang belakang saat batuk. Semoga Anda tidak pernah mengalami kondisi-kondisi tersebut dan selalu dalam keadaan sehat. Namun, jika Anda mengalami batuk dan berbagai kondisi buruk muncul, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Also Read