Gereja HKBP Ressort Palangka Raya Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara – Untuk pertama kalinya telah digelar di Gereja HKBP Ressort Kota Palangka Raya, upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-77 pada hari Rabu (17/8) pagi. Upacara berlangsung khidmat dan penuh suka cita meski langit terlihat mendung dan mulai diwarnai rintikan hujan. Semangat peserta upacara yang terdiri dari para jemaat Gereja HKBP seperti kaum bapak dan ibu serta muda-mudi, tetap berjalan lancar dan penuh sukacita menyanyikan lagu kemerdekaan.

Peringatan hari kemerdekaan tersebut dipimpin oleh Pendeta HKBP Ressort Palangka Raya Pdt Patar Pakpahan selaku pembina upacara, dan yang menjadi komandan upacara ialah Jonny Tambunan selaku Ketua Seksi Kemasyarakatan HKBP Palangka Raya Ressort Palangka Raya. Hadir pula dalam upacara tersebut, jajaran DPD Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kalteng dan Wakil Ketua Umum PBB Indonesia, Habinsaran Lubis.

Dalam amanatnya, Pdt Patar Pakpahan mengatakan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan ini merupakan salah satu rangkaian dari program Tahun Kesehatian HKBP 2022 yang bertemakan ‘Sehati Sepikir Dalam Satu Kasih, Satu Jiwa dan Satu Tujuan’. Dengan begitu, Gereja HKBP Ressort Palangka Raya bersama seluruh jemaat dikatakannya turut serta merasakan dan menjalankan perjuangan seluruh masyarakat Indonesia, baik sebelum kemerdekaan maupun sesudah kemerdekaan seperti saat ini.

“Dengan gelaran upacara ini saya berharap kita bisa bersama-sama untuk meraih hal yang lebih baik ditengah dinamika masyarakat Kalteng. Jemaat harus turut serta membangun negara ini, karena Indonesia diberikan Tuhan kepada kita untuk kita bangun dan kembangkan. Negara ini adalah tanggung jawab kita bersama, bukan milik satu golongan tapi milik semua anak bangsa,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Ketua Umum PBB Indonesia, Habinsaran Lubis turut mengapresiasi terselenggaranya upacara kemerdekaan HUT RI untuk yang pertama kalinya di Gereja HKBP Kota Cantik. Sinergitas yang baik antara organisasi kepemudaan dan gereja seperti ini, diharapkannya bisa terus berkembang. Tak hanya untuk satu golongan, tapi juga bagi seluruh golongan masyarakat khususnya suku Batak.

“PBB siap hadir untuk bersinergi bersama seluruh pihak untuk membangun bangsa dan negara ini, agar menjadi lebih baik kedepannya. Terutama sejalan dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke 77, Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat,” kata Habinsaran Lubis.

Sementara itu Ketua Seksi Kemasyarakatan HKBP Palangka Raya, Jonny Tambunan berharap perayaan kemerdekaan RI tahun ini bisa menjadi menjadi titik balik usai Tanah Air dilanda pandemi Covid-19. Ia menginginkan agar euforia kebangkitan dari segala lini termasuk bertambahnya semangat kebangsaan untuk mencintai Indonesia bisa kembali dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama di Kota Palangka Raya.

“HKBP Palangka Raya ingin menjadi salah satu bagian, bagaimana jiwa nasionalisme kita bisa terus terjaga ditengah terpaan banyaknya permasalahan yang bangsa dan kita sendiri alami. Mari bergandeng tangan tanpa membedakan asal usul kita, rayakan hari kemerdekaan ini dengan rasa syukur kepada Tuham Yang Maha Esa,” pungkasnya. rgb

Also Read

Tags