HARI DONOR DARAH DUNIA 2022-UTD PMI Kota Palangka Raya Gelar Donor Darah Massal

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara-Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Palangka Raya memeriahkan peringatan World Blood Donor Day 2022, dengan melakukan donor darah massal di halaman kantor, Jl. Soeprapto, selama dua hari, Jumat 22 Juli-Sabtu 23 Juli. Peserta donor darah ada yang mendaftar secara online, ada juga yang datang langsung ke lokasi kegiatan.

Hari Donor Darah Dunia 2022-Utd Pmi Kota Palangka Raya Gelar Donor Darah Massal
Corong Nusantara/Liu
Kemanusiaan -Masyarakat Antusias Mengikuti Donor Darah Massal Yang Digelar Oleh Utd Pmi Kota Palangka Raya Selama Dua Hari, 22-23 Juli Di Halaman Kantor.

Ketua UTD PMI Kota Palangka Raya dr Maria Dewi Purwanti menyampaikan, tak henti-hentinya mengumpulkan kantong darah untuk memenuhi ribuan permintaan setiap bulannya di Kota Palangka Raya. Mereka bekerjasama dengan pihak instansi pemerintah maupun swasta dalam melakukan donor darah untuk menambah persediaan.

“Acara ini kami rutin laksanakan setiap tahun, untuk Hari Donor Darah Dunia itu 14 Juli setiap tahun. Harapannya kami bisa memenuhi persediaan darah di Kota Palangka Raya, yang daftar kurang lebih 200 orang masyarakat Kota Palangka Raya,” kata Maria, Sabtu (23/7/2022).

Hari Donor Darah Dunia 2022-Utd Pmi Kota Palangka Raya Gelar Donor Darah Massal
Corong Nusantara/Liu
Kemanusiaan -Masyarakat Antusias Mengikuti Donor Darah Massal Yang Digelar Oleh Utd Pmi Kota Palangka Raya Selama Dua Hari, 22-23 Juli Di Halaman Kantor.

Untuk memenuhi persediaan darah, tim dari UTD juga bergerak ke sejumlah instansi pemerintah maupun swasta yang sudah menjalin kerja sama untuk melakukan donor darah. Sebelumnya, kegiatan ini tidak dilakukan karena adanya wabah virus corona, dampaknya pada persediaan darah karena jumlah kantong darah yang didapat sangat sedikit.

Dari data yang ada jumlah Kasus Covid sudah menurun dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya, dan saat ini adanya tindakan pencegahan seperti vaksinasi dan lainnya membuat tim UTD kembali menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak untuk donor darah. 2020-2021 mengikuti anjuran pemerintah mengurangi kerumunan sehingga tidak ada kegiatan donor darah massal, jumlah kantong darah yang dikumpulkan dibawah 1000.

“Tahun ini sudah lebih baik, instansi pemerintah, swasta, universitas dan Ormas kerjasama dengan UTD untuk melakukan kegiatan donor darah untuk membantu menunjang ketersediaan stok darah di Kota Palangka Raya, harapannya bisa memenuhi permintaan darah 1200-1300 kantong setiap bulan, kami berupaya memenuhi permintaan itu,” kata Maria.

Kantong darah yang ada untuk memenuhi permintaan dari Rumah Sakit Umum Daerah dr Doris Sylvanus Palangka Raya. Tidak hanya pasien dari Palangka Raya tetapi pasien rujukan dari daerah lain ke rumah milik pemerintah tersebut otomatis meminta darah ke UTD PMI Kota Palangka Raya.Sementara pihak UTD menyiapkan sejumlah hadiah undian bagi peserta yang sudah mengikuti donor darah.   yml

Also Read

Tags