Hari Ini Pumpung Hai Festival Dayak 2022 Dimulai

Redaksi

*Pentas Seni, Pameran Budaya dan UMKM di Expo Kalteng

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara– Pumpung Hai Festival Dayak 2022, hari ini, Rabu (27/7), dimulai dengan sejumlah agenda dan dihadiri tamu undangan serta berbagai ormas dari luar Kalimantan Tengah.

Sekretaris Panitia Pumpung Hai Dandan Ardi menuturkan, persiapannya sendiri hingga 1 hari sebelum hari H adalah 90 persen lebih. Itu artinya tinggal pelaksanaan di lapangan dan mempersiapkannya saja.

“Persiapannya untuk pawai dan pameran sudah 90 persen lebih dan malam sebelumnya sudah kita pasang  panggung untuk pembukaan (hari ini),” ujarnya kepada Tabengan, Selasa (26/7).

Menurut Dandan, pihaknya memastikan di saat pelaksanaan kegiatan, persiapan sudah mencapai 100 persen. Selain itu, untuk tamu-tamu VIP sendiri juga sudah dihubungi dan siap hadir dalam kegiatan, seperti perwakilan dari Pemprov, Kapolda Kalteng, Danrem atau yang mewakili, termasuk juga Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng Agustiar Sabran.

Ditambahkannya, untuk undangan seperti bupati/wali kota, dinas-dinas hingga DAD se-Kalteng sudah disampaikan semua dan siap dihadiri jajaran terkait.

Dandan menjelaskan, jumlah undangan untuk tamu bagi pembukaan saja sebanyak 150 orang. Namun, jumlah itu di luar ormas-ormas, kerukunan serta tamu lain yang nantinya akan hadir dalam acara rapat besar tersebut.

“Ormas-ormas dari Kalteng sendiri baik dari Katingan, Gumas dan wilayah Barito serta lainnya dipastikan hadir semua, termasuk juga beberapa ormas dari luar Kalteng,” ujarnya.

Dadan menyebutkan, beberapa ormas dan kepala suku Dayak di Kalimantan Barat, juga hadir dalam kegiatan tersebut. Beberapa di antaranya akan difasilitasi dan menginap di Betang DAD Kota Palangka Raya.

Terkait pameran budaya dan UMKM sendiri juga dinilai telah siap. Beberapa stan sudah berdiri, seperti stan kerucut,  dan bagi UMKM menengah ke bawah juga dibukakan dengan stan jenis yang sama. Selain itu disediakan juga lapak-lapak bagi pedagang kaki lima di areal Pameran Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya, yang secara keseluruhan terkelola dengan baik.

Tidak hanya itu, nantinya di Expo Kalteng akan dimeriahkan juga dengan panggung seni seperti tari tarian, paguyuban dan berbagai pertunjukan seni lainnya, mulai dari pukul 18.00-22.00 WIB setiap harinya.  Tidak ketinggalan artis lokal, utamanya artis Dayak yang akan memberikan hiburan bagi masyarakat dalam menghadiri kegiatan besar tersebut. Pumpung Hai Festival Dayak 2022 juga dimeriahkan dengan parade atau karnaval 1.000 Dohong setanah Borneo di Bundaran Besar. Lalu ada rapat besar yang mengumpulkan dan mengundang seluruh Damang se-Kalteng, dalam rapat besar bersama.

Selain itu, ada juga pertandingan silat se-Kalimantan, hingga penutupan rapat besar Damang dan kegiatan Pumpung Hai pada 31 Juli 2022 mendatang, dengan agenda pengumuman hasil kerapatan para Damang dan tokoh masyarakat se-Kalteng. drn

Also Read

Tags