Kebakaran Di Jalan Brunei Pangkalan Bun, 11 Rumah Dan 3 Barakan Hangus Di Lalap Api 

Redaksi

Ket foto
Api melalap pemukiman penduduk di RT 7 Jalan Brunei Kelurahan Kampung Baru.
PANGKALAN BUN/Corong Nusantara-Kebakaran yang terjadi di Jalan Brunei Rt 07 RW 04 Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan, yang terjadi pada Minggu (14/8) malam hari, telah membakar 11 rumah dan 3 buah barakan.  Selain itu peristiwa itu juga menyebabkan 3 orang petugas kebakaran mengalami kekurangan oxygen, satu orang diantaranya harus di larikan ke Rumah Sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun.
Lurah Baru Yuning menjelaskan,  bahwa hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan perihal penyebab terjadinya musibah tersebut, dan bagi warga yang menjadi korban saat ini sebagian ada yang ditampung di Posyandu dekat TK Berunai Rt 7 Kampung Baru,dan ada juga mengungsi di rumah sanak saudaranya.
” Dalam musibah itu ada 11 rumah yang terbakar, dengan rincian 8 rumah rusak berat dan 3 rumah rusak ringan , dan  3 barakan yang mengalami rusak berat,”  Kata Yuning Lurah Baru kepada Tabengan, Senin (15/8).
Yuning juga menambahkan, rumah dan barakan tersebut di huni oleh 18 kepala keluarga atau 59 jiwa,  saat ini sebagian besar korban membutuhkan bantuan pakaian layak pakai, mengingat saat kejadian itu tidak sempat menyelamatkan apa apa, karena api menjalar dengan cepat.
Sementara itu Kepala Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kotawaringin Barat Majerum Purni mengatakan, pihaknya menerima laporan kejadian itu pada pukul 19.56, dan api dapat di taklukkan sampai pukul 22.30 wib.
” Kami menurunkan 9 unit Damkar, yang di bantu juga 2 unit bocah merah 01/02 dan 1 unit sentar, Pada saat penanganan cuaca cerah namun kami menemukan Kendala Di Lapangan yakni banyaknya warga yang menonton dan parkir kendaraan disekitar TKP, sehingga armada pemadaman kesulitan mencapai TKP, ” Ujar Majerum Purni.
Majerum menambahkan juga, dalam penanganan musibah kebakaran tersebut, phaknya dibantu juga dari Tagana, BPBD Kobar, Polres, PMI, Kodim 1014 Pangkalan Bun, IEA, Redkar Kelurahan Baru, Balakar Huma Singgah Itah Mendawai dan Balakar Manggala Yudha Kumpai Batu Bawah.
Sementara itu Kapolsek Arut Selatan Kompol Saiful Anwar mengatakan, begitu mendapatkan laporan, phaknya pun langsung turun kelapangan, selain membantu kelancaran lalu lintas, juga meminta keterangan dari beberapa saksi.
Dan berdasarkan keterangan  saksi, pada saat itu saksi sedang tidur karena mendengar suara orang berteriak kebakaran dari arah luar rumah kemudian terbangun dan keluar rumah melihat api sudah membesar dari arah belakang rumah Anang Bahrani, kemudian saksi langsung membantu  warga untuk menyelamatkan dan mengeluarkan dan barang-barang yang bisa di selamatkan.
” Kami telah mencatat beberapa saksi untuk mendapatkan informasi perihal asal api, dan kami belum  mengetahui  berapa kerugian material yang dialami korban kebakaran dan masih menunggu hasil dari olah TKP yang dilakukan oleh personil Polres Kobar,”  Ujar Saiful Anwar. (yulia)

Also Read

Tags