Ketua DAD Terpilih Koordinasi dengan Lembaga dan Tokoh Adat

Redaksi

 

Ketua Dad Terpilih Koordinasi Dengan Lembaga Dan Tokoh AdatPALANGKA RAYA/Corong Nusantara – Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah terpilih periode 2021-2026, H Agustiar Sabran, menggelar rapat kerja dan koordinasi dengan pengurus, damang dan tokoh adat se-Kalteng, Senin (15/8). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelantikan dan HUT Ke-15 DAD Kalteng.

“Hari ini kita berkumpul di sini, lebih tepatnya untuk saling silaturahmi dengan tokoh adat dan lembaga adat yang ada di Kalteng. Walau dalam kegiatan ini disebut rapat kerja. Tapi alangkah baiknya kita saling kenal terlebih dahulu, yakni hasupa hasundau,” ucap Agustiar.

Silaturahmi ini juga dalam rangka menjalin sinergisitas dan mendiskusikan kepada tokoh dan lembaga adat terkait kemajuan Dayak. Hasil silaturami tersebut disusun dalam program kerja DAD ke depannya.

“Jadi sebelum pelantikan pengurus yang digelar besok (16/08), kita Pengurus DAD terpilih ingin mengayomi berbagai lembaga adat dayak dan tokoh. Agar memudahkan dalam bekerja sama, berkordinasi, mencari solusi dan menyusun program kerja. Karena DAD ini bukan ormas, tetapi lembaga yang terbentuk karena Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 16 Tahun 2008 tentang Kelembagaan Adat Dayak Di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Dia menjelaskan, dalam DAD juga ada perangkat kordinasi, yakni Batamad, damang hingga mantir adat. Semua rencana kerja semua perangkat tersebut akan menjadi masukan untuk DAD dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan Perda tesebut.

Baca Juga :  Sektor Perikanan dan Peternakan Mampu Dongkrak Ekonomi Masyarakat

“Jika kita semua perangkat adat ini bisa bersatu, maka akan mudah untuk berkodinasi, mencari informasi dan mengantisipasi jika ada persoalan yang menyangkut adat. Karena keberadaan DAD ini mengayomi berbagi lembaga adat dan begitu tokoh adat. Jadi sebelum pelantikan, mari kita bersama unsur tersebut saling berkomitmen dan bersinergis untuk melestarikan kearifan lokal kita,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada keputusan Musda III DAD Kalteng  tanggal 7 November 2021 dengan Nomor Keputusan Kep-05/MUSDA-III-DAD/XI/2021, telah terpilih Ketua DAD periode 2021-2026. Saat itu, struktur dan komposisi pengurus DAD belum dilantik. Hal ini karena kondisi pandemi Covid-19 dan kondisi lain yang tidak memungkinkan.

Hingga akhirnya, setelah melihat kondisi telah kondusif, maka pelantikan direncanakan pada Selasa, 16 Agustus 2022, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng. Sesuai dengan keputusan Majelis Adat Dayak Nasional Nomor 035/MADN/SK/IV/2022 terdapat delapan orang dewan kehormatan yang diketuai Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. Kemudian 17 orang Dewan Pertimbangan yang diketuai Lewis KDR, BA.

Ada 25 orang Dewan Pakar yang diketuai Drs Napa J Awat SU yang juga mantan Rektor UPR periode 2001-2005. Sementara untuk susunan pengurus DAD Kalteng terdiri dari satu Ketua yaitu H Agustiar Sabran SKom, Wakil Ketua Umum/Harian Dr Andrie Elia SE MSi yang juga Rektor UPR saat ini, Wakil Ketua Umum ada enam yakni Drs Walter S Penyang, Dr Bulkani MPd, Dr HM Wahyudie F Dirun SP MM, Tuty Dau, Ir Leonard S Ampung MT dan Dr Tiwi Etika PhD. ist

Also Read

Tags