Kolaborasi Brand Lokal di Tokopedia dengan Barbie: Menarik Perhatian Para Pelaku Bisnis Online

Redaksi

Kolaborasi Brand Lokal di Tokopedia dengan Barbie: Menarik Perhatian Para Pelaku Bisnis Online

Corong Nusantara – Film Barbie telah menyita perhatian penonton di Indonesia setelah tayang di bioskop pada tanggal 19 Juli 2023. Fenomena ini ternyata berdampak positif bagi penjualan produk terkait Barbie secara online melalui platform Tokopedia.

Antonia Adega, Corporate Affairs Lead Tokopedia, mengungkapkan bahwa ada peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian pada periode 1 Mei hingga 20 Juli 2023 saat kampanye online Tokopedia bekerja sama dengan Mattel, perusahaan multinasional yang memproduksi mainan dan hiburan termasuk produk Barbie™. Puncak peningkatan transaksi tersebut terjadi pada 21 Juli 2023 lalu.

Kampanye yang dilakukan bersama Mattel ini memberikan panggung khusus bagi brand lokal yang bekerja sama dengan Barbie™, seperti ESQA Cosmetics, SOVLO, dan Day and Night. Hal ini bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memberikan apresiasi terhadap brand lokal yang senantiasa berinovasi dan berkolaborasi. Tokopedia juga ingin menginspirasi lebih banyak pelaku usaha di Indonesia untuk terus maju dan setara dengan brand kelas dunia.

ESQA Cosmetics adalah salah satu brand kecantikan lokal di Tokopedia yang didirikan oleh Kezia Trihatmanto dan Angelina Cindy pada tahun 2016. Kezia meninggalkan pekerjaannya sebagai akuntan selebriti Hollywood untuk mengejar passion di bidang kecantikan. Mereka memulai dan membangun brand lokal kecantikan vegan pertama di Indonesia.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Tantangan Terbesar Dalam Bisnis Online

Konsep vegan menjadi ciri khas dari produk ESQA, karena mereka adalah brand kecantikan buatan Indonesia pertama yang mengusung konsep ini. Kezia dan Angelina melihat peluang ini sebagai kesempatan untuk memberikan produk yang ramah lingkungan dan cocok untuk kulit sensitif. Setiap produk ESQA tidak mengandung bahan-bahan hewani, seperti paraben, triclosan, sodium lauryl sulfate (SLS), dan gluten. Produk-produk mereka juga telah melalui uji klinis dermatologi.

ESQA selalu berusaha untuk memberdayakan perempuan, sehingga hampir seluruh karyawan ESQA adalah perempuan. Mereka juga berkomitmen untuk menghadirkan produk kecantikan yang inklusif untuk segala umur dan warna kulit perempuan di Indonesia, dengan harapan dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Koleksi spesial Barbie™ x ESQA terdiri dari cream blush sekaligus contour, lip stain, dan eyeshadow. Produk-produk kolaborasi ini dapat dibeli melalui Tokopedia. Kezia berharap bahwa melalui produk ini, setiap perempuan dapat terinspirasi untuk menjadi pribadi yang kreatif, percaya diri, dan berani mengeksplorasi berbagai hal. Sejak diluncurkan, koleksi spesial Barbie™ x ESQA mencatat peningkatan transaksi hampir 1.5 kali lipat di platform Tokopedia.

Selanjutnya, brand lokal fesyen SOVLO di Tokopedia juga tidak ketinggalan dalam kolaborasi dengan Barbie™. SOVLO dikenal dengan produk-produk fesyen warna-warni dengan tema positif, yang juga memperkuat pesan pemberdayaan perempuan dan pahlawan tanah air.

Baca Juga :  Cara Bayar Tagihan IndiHome Lewat Shopee, Tokopedia, Lazada, Hingga OVO Hanya Biaya Admin Rp 2.500

Lidya Valensia Lyanto, CEO SOVLO, mengubah strategi bisnisnya selama pandemi dengan memanfaatkan platform Tokopedia, yang berkontribusi sekitar 70% dari total penjualan online mereka. Melalui kerja sama dengan Barbie™, SOVLO meluncurkan koleksi spesial ‘Summer Dreams’ yang menampilkan pola kaya dan corak cerah.

Koleksi ‘Summer Dreams’ ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi untuk gadis-gadis kecil yang penuh imajinasi dan tumbuh menjadi perempuan mandiri serta percaya diri. Diharapkan, koleksi ini dapat menjadi inspirasi bagi mereka dalam mewujudkan impian dan meraih prestasi di masa depan.

Day and Night, brand lokal fesyen lainnya di Tokopedia, juga turut serta dalam kolaborasi dengan Barbie™. Didirikan pada tahun 2012 oleh Yelly dan Konny Lumentu, Day and Night memiliki keunikan dengan menghadirkan produk fesyen inklusif, yang diproduksi oleh sepuluh penjahit lokal yang mayoritas adalah perempuan.

Kolaborasi dengan Barbie™ membuat Day and Night dapat menghadirkan koleksi fesyen yang inspiratif dan bebas berekspresi. Day and Night aktif mengikuti kampanye di Tokopedia dan menjadikan fashion sebagai salah satu kategori paling dicari di platform tersebut.

Melalui kolaborasi ini, Day and Night berharap dapat semakin menginspirasi perempuan untuk berani mengejar impian dan mengekspresikan diri melalui fesyen.

Baca Juga :  Menggunakan Blog WordPress untuk Membangun Bisnis Online Anda

Kolaborasi antara brand lokal dengan Barbie™ melalui platform Tokopedia ini telah menunjukkan dampak positif dalam peningkatan transaksi. Tak hanya memberikan peluang lebih luas bagi brand lokal untuk tumbuh dan berkembang, tetapi juga menginspirasi lebih banyak perempuan di Indonesia untuk percaya diri dan berani mengambil langkah maju. Semakin banyak brand lokal yang berkolaborasi dengan ikon dunia seperti Barbie™, semakin besar pula peluang bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang semakin inklusif dan berdaya saing.

Also Read