Meski Hujan, Upacara HUT RI ke 77 Tetap Khidmat

Redaksi

Meski Hujan, Upacara Hut Ri Ke 77 Tetap Khidmat
Ramah Tamah-Resepsi Kenegaraan Dan Mengikuti Upacara Hut Ri Di Istana Negara Secara Virtual Di Rumah Jabatan Bupati Kotim

SAMPIT/Corong Nusantara-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) menggelar upacara peringatan HUT RI ke 77 di Halaman Kantor Bupati Kotim, Rabu (17/8/2022).

Kegiatan yang digelar mulai pukul 07.00 WIB tersebut sempat diguyur hujan, meski demikian tidak mengurangi kekhidmatan upacara yang dipimpin oleh Bupati Kotim Halikinnor tersebut.  Upacara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kotim Irawati, Ketua DPRD Kotim Rinie, Sekda Kotim Fajrurrahman serta unsur Forkopimda dan seluru Kepala SOPD di lingkungan Pemkab Kotim.

Bupati Kotim Halikinnor yang membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, kemerdekaan yang dinikmati saat ini merupakan buah dari kegigihan perjuangan panjang para pahlawan bangsa. Tanpa kenal kata menyerah, menurutnya pahlawan pendahulu mengorbankan tenaga, harta, dan bahkan tetesan darah dalam mengusir penjajah, demi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Meski dihadapkan keadaan yang sangat sulit pada saat itu, lanjutnya para pahlawan tidak mengeluh, harapan terus dikobarkan, dengan menjunjung semangat gotong royong dan rasa persatuan berjuang sekuat tenaga melawan penjajah, untuk merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa.

Semangat pengorbanan, ketangguhan, dan persatuan para pahlawan harus terus kita warisi dan pupuk bersama, sebagai kekuatan dalam mengatasi berbagai tantangan dan persoalan bangsa yang pasti semakin berat ke depan.

“Seperti tantangan ekonomi, digitalisasi, kemiskinan, penyalahgunaan narkoba, bencana alam banjir dan karhutla, dan termasuk pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda,” ujarnya.

Dilanjutkannya, Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia pada tahun 2022 kali ini mengusung tema besar “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Dimana tema tersebut mencerminkan rasa optimisme seluruh komponen bangsa, untuk bersinergi mewujudkan harapan bersama agar Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat dari dampak pandemi Covid-19 menuju Indonesia Maju.

Dirinya berharap peringatan HUT ke-77 RI ini dapat menjadi momentum bagi  semua untuk semakin mempererat rasa kebersamaan, menumbuhkembangkan semangat gotong royong, dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita lanjutkan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pendahulu kita, dengan terus berkarya, sesuai bidang masing-masing, turut serta memajukan pembangunan dan kesejahteraan bangsa, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah,” terangnya.

Setelah itu pelaksanaan peringatan HUT RI ke 77 berlanjut dengan acara resepsi kenegaraan dan mengikuti upacara HUT RI di Istana Negara secara virtual di Rumah Jabatan Bupati Kotim. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan acara tambahan seperti penyerahan remisi dan hibah tanah hingga pemotongan tumpeng. (C-May)

Also Read

Tags