Pelaksaan Vaksin Booster Dosis Ke-2 di Kalteng Dimulai

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara Vaksinasi ke-4 bukan hanya wacana, namun seiring kembali meningkatnya kasus Covid-19, pemerintah pusat memutuskan mulai memberlakukan kebijakan vaksinasi lanjutan Indonesia. Di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) juga sudah mulai. Vaksinasi ke-4 atau booster ke-2 ini sasaran awalnya diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul MPPM menyampaikan, vaksinasi booster ke-2 merupakan kebijakan dari pemerintah pusat dan daerah tinggal mengikuti saja. Sasaran pertama vaksinasi booster ke-2 ini diberikan kepada nakes yang ada di Kalteng.

“Booster ke-2 untuk nakes sudah dimulai saat ini. Kelompok lainnya akan menyusul secepatnya setelah ada persetujuan dari pusat,” kata Suyuti, Selasa (2/8/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  (P2P) Dinkes Provinsi Kalteng dr Riza Syahputra menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi booster ke-2 mulai dilaksanakan sejak 29 Juli di seluruh Indonesia, berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor  HK.02.02/C/3615/2022 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

“Vaksin yang digunakan sama, begitu juga hitungan dosis dan cara pemberiannya mungkin sama saja seperti sebelumnya. Namun, sebelum vaksinasi booster dosis ke-2 ini kami akan update data dulu, karena kan ada yang sudah meninggal. Selain itu, menunggu surat resmi dari pusat karena ada ini baru dikirim lewat WhatsApp, juga sambil menunggu ketersediaan vaksin,” kata Riza.

Dalam SE tersebut, syarat bagi nakes yang akan diberikan vaksinasi booster dosis ke-2, harus memiliki jarak 6 bulan setelah menerima booster dosis pertama. Selain nakes, menurut Riza, apabila kasus Covid-19 mengalami lonjakan drastis bukan tidak mungkin masyarakat umum juga akan diberikan booster dosis ke-2.

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh Riza, alasan pemberian vaksinasi booster dosis ke-2 ini kemungkinan karena kekebalan tubuh masyarakat mulai menurun setelah vaksinasi booster dosis pertama diterima.

Dengan kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia pemerintah pusat mengambil kebijakan untuk memberikan booster dosis ke-2, sehingga kekebalan tubuhnya terhadap virus Covid-19 semakin bagus. Tahap pertama diberikan kepada nakes sebagai garda terdepan.

IDI Kalteng Mendukung

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Kalteng mendukung pemberian vaksinasi booster dosis ke-2 bagi nakes. Sebagai garda terdepan, nakes harus sebisa mungkin selalu sehat dan siap dalam menjalankan tugasnya, terutama yang bertugas menangani pasien dengan keluhan Covid-19. 

“Karena saat ini kasus Covid-19 meningkat lagi dengan beberapa nakes yang ikut terpapar juga, dipertimbangkan untuk diberikan booster dosis ke-2, harapannya untuk meningkatkan antibodi untuk memproteksi tidak terpapar virus Covid kembali karena nakes garda terdepan pelayanan kesehatan,” kata Mikko.

IDI Kalteng mengimbau kepada para nakes yang sudah memenuhi kriteria untuk menerima vaksinasi booster dosis ke-2, segera mendaftarkan diri pada fasilitas kesehatan tempat kerja masing-masing dengan membuka aplikasi peduli lindungi karena ada tiket vaksinasi booster dosis ke-2. yml

Also Read

Tags