Polda: Mari Sukseskan Pumpung Hai Festival Dayak 2022

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara– Mendekati pelaksanaan Pumpung Hai Festival Dayak 2022, dukungan terus mengalir dalam kegiatan yang akan berlangsung pada 27 Juli mendatang.

Kali ini Polda Kalteng menyatakan dukungannya terhadap kegiatan yang akan diikuti oleh masyarakat Dayak se-Kalimantan tersebut.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro mengatakan, Polda Kalteng sangat mendukung kegiatan tersebut sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan adat Dayak.

“Festival Pumpung Hai merupakan event seni budaya Dayak dalam menyambut era digital, yang akan diikuti oleh masyarakat Dayak se-Kalimantan. Pumpung Hai akan diselenggarakan di Palangka Raya pada tanggal 27-31 Juli 2022,” katanya, Minggu (24/7).

Adapun bentuk dukungan yang akan diberikan Polda Kalteng tentunya  dengan melaksanakan pengamananan secara optimal agar Festival Pumpung Hai dapat berjalan aman, lancar dan tertib.

“Mari kita sukseskan Pumpung Hai Festival Dayak 2022,” tuturnya.

Persiapan Panitia Matang

Sekretaris Panitia Pumpung Hai Festival Dayak 2022 Dandan Ardi mengatakan, persiapan sudah matang dengan berbagai event menarik. Saat ini persiapan sudah mencapai 75 persen lebih.

Beberapa hal yang dipersiapkan seperti Kalteng Expo untuk pameran budaya dan UMKM, pawai atau karnaval hingga rapat besar Damang se-Kalteng.

“Pumpung Hai itu adalah rapat besar, di dalamnya terdapat berbagai macam kegiatan seperti karnaval, expo dan sebagainya,” ujarnya ketika berkunjung ke HU Tabengan, belum lama ini.

Ditambahkan Dandan, pihaknya juga mengundang Ketua Forum Koordinasi Damang se-Kalteng, termasuk Ketua, Sekretaris dan Damang. Namun, tidak menutup kemungkinan sejumlah damang juga ikut serta, ditambah dengan Ketua, Sekretaris dan Bendahara Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten/Kota beserta pihak-pihak di lingkup terkait.

Dandan juga berharap melalui kegiatan Pumpung Hai ini, akan ada pencapaian suatu landasan-landasan, yang nanti akan ditindaklanjuti oleh damang serta bermuara pada digunakannya landasan itu oleh masyarakat Dayak.

Sementara itu, Ketua Panitia Andreas Djunaedy dan jajarannya memaparkan sejumlah kegiatan yang nantinya bakal menjadi agenda pelaksanaan Pumpung Hai.

Kegiatan yang dimulai pada 27 Juli 2022 mendatang, diawali dengan parade atau karnaval 1.000 Dohong setanah Borneo di Bundaran Besar. Lalu ada rapat besar yang mengumpulkan dan mengundang seluruh Damang se-Kalteng, dalam rapat besar bersama.

Dilaksanakan juga Pameran Budaya dan UMKM se-Kalimantan, Hiburan Rakyat yang digelar di kawasan Temanggung Tilung Palangka Raya. Selain itu, ada juga pertandingan silat se-Kalimantan, hingga penutupan rapat besar Damang dan kegiatan Pumpung Hai pada 30 Juli 2022, dengan agenda pengumuman hasil kerapatan para Damang dan tokoh masyarakat se-Kalteng. fwa/drn

Also Read

Tags