PT ARSY NUSANTARA VS MASYARAKAT-Dugaan Pencemaran Akan Dilaporkan ke KLHK

Redaksi

Dewan: Kalo Kata DLH Layak Konsumsi, Silakan Mereka dan PT Arsy Nusantara Dulu yang Meminumnya.

MUARA TEWEH/Corong Nusantara Perseteruan masyarakat Desa Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara dengan PT Arsy Nusantara tak kunjung reda. Prihatin masalah tersebut, Ketua Komisi III DPRD Barito Utara H Tajeri mendesak dugaan pencemaran sungai ditanggulangi secepatnya.

“Hasil dari laboratorium itu harus betul-betul transparan, karena ini sudah 2 kali pengambilan sampel air Sungai Jabung. Nanti akan saya sampaikan ke masyarakat kasus ini akan kita bawa ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta,” kata Tajeri di Muara Teweh, Rabu (3/8/2022).

Sebagai wakil rakyat, Tajeri menegaskan siap mendampingi masyarakat kapan saja. Artinya, siap tanpa bikin surat SPPD, yang penting ada surat perintah ia siap mendampingi mereka dan kementerian juga diyakini siap menerima.

“Saya  juga sudah ada komunikasi  dengan Komisi VII DPR RI. Masalah ini sudah saya laporkan. Karena ini mohon maaf bukan kasus main-main. Kalau kita biarkan masalah ini, kasihan warga yang terdampak,” ucap Tajeri.

Legislator Partai Gerindra ini juga menyinggung, kalau menurut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Utara Sungai Jabung itu layak dikonsumsi, maka silakan yang meminum itu orang-orang dari DLH dan orang dari perusahaan PT Arsy Nusantara dulu yang meminumnya.

“Jangan disuruh masyarakat yang meminumnya. Kalau mereka tidak bisa mengambil airnya sendiri, biar masyarakat yang  antarkan air Sungai Jabung untuk mereka konsumsi sehari-hari, jika DLH menyebutkan air Sungai Jabung layak untuk diminum,” timpal Tajeri.

Seperti diketahui, Sungai Jabung yang ada  di Desa Jangkang Baru saat ini diduga tercemar oleh serangkaian aktivitas perusahaan tambang PT Arsy Nusantara. Padahal, sungai merupakan hal penting dalam menunjang kehidupan manusia. Tidak ada makhluk yang sanggup hidup tanpa air.

“Sungai memiliki beberapa manfaat dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Salah satunya sebagai sumber irigasi, sarana transportasi, bahan baku air minum, saluran pembuangan air hujan. Pencemaran sungai perlu ditanggulangi sedini mungkin agar sungai bisa menjadi sahabat yang dapat menopang kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sungai yang sehat merupakan etalase kepribadian sebuah bangsa. Jadi jangan berpikir bahwa masalah sungai sekadar persoalan sederhana. Karena dengan kesadaran tersebut, masyarakat dapat menjaga dan melestarikan sungai tanpa paksaan dari pihak mana pun, sehingga sungai-sungai di Indonesia menjadi terawat dan terjaga kelestariannya yang dapat dimanfaatkan untuk menyejahterakan kehidupan.

“Dengan sungai yang bersih dan sehat, maka dapat kita rasakan manfaatnya dan lingkungan kehidupan pun bisa menjadi lebih baik lagi. Saya bangga dan mendukung langkah dari sejumlah masyarakat Desa Jangkang Baru yang telah berusaha ikut andil dalam mempertahankan kelestarian sungai,” kata Tajeri. c-hrt

Also Read

Tags