19 Fakta Menarik Teknologi Drone

Redaksi

Fakta Menarik Teknologi Drone

(CorongNusantara) 19 Fakta Menarik Teknologi Drone – Drone adalah beberapa perangkat terbaik untuk dimainkan saat ini. Drone dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti fotografi dan pengawasan. Semakin banyak pabrikan menawarkan model baru yang mencakup kamera HD dan konektivitas Wi-Fi. Perangkat ini menyenangkan, rumit, namun mudah digunakan.

Fakta Menarik Teknologi Drone

Berikut adalah beberapa fakta menarik teknologi drone yang luar biasa :

1. Drone Dikembangkan Oleh Militer

Fakta Menarik Teknologi Drone yang pertama adalah perangkat ini pertama kali digunakan oleh umum pada 1990-an dan dikembangkan oleh militer. Drone ditemukan karena dibutuhkan di ruang kecil di mana helikopter biasa tidak dapat masuk atau di zona perang yang terlalu berbahaya untuk mengirim pilot.

2. Pesawat Model Juga Dianggap Drone

Drone adalah mesin yang bisa terbang tanpa pilot yang mengendalikannya. Sebaliknya, pesawat model terbang dengan bantuan pilot, tetapi karena pesawat model tidak dapat bergerak keluar dari batas penglihatan pilot, pesawat tersebut juga dianggap drone.

3. Drone Hanya Terbang Dalam Waktu Singkat

Kesalahpahaman lain tentang drone adalah bahwa mereka hanya dapat terbang dalam waktu singkat. Ini tidak benar untuk beberapa model. Meskipun ada drone ringan yang hanya dapat melayang di udara selama beberapa menit, sebagian besar drone militer atau kelas atas dapat melayang selama satu atau dua jam.

4. Membutuhkan Keterampilan Untuk Menerbangkan Drone

Meskipun ada banyak drone yang dirancang khusus untuk pemula, Anda tetap membutuhkan keterampilan untuk melakukan aksi udara. Anda membutuhkan banyak latihan sebelum menerbangkan quadcopter. Selain itu, drone siap pakai lebih baik untuk pemula, tetapi drone DIY dapat membantu Anda lebih memahami tentang cara pembuatan drone.

5. Drone Memiliki Banyak Kegunaan

Awalnya, drone diyakini hanya dapat digunakan oleh polisi atau militer untuk pengintaian atau penyerangan. Sebaliknya, saat ini kebanyakan drone digunakan untuk bersenang-senang, sebagai hobi, atau untuk fotografi dan perekaman. Aksi udara dan video aksi adalah beberapa dari banyak tujuan memiliki drone.

Baca Juga :  Serangan 3 Drone Dari Ukraina Merusak 2 Gedung Di Moskow, 1 Orang Terluka

6. Drone Cukup Mahal

Beberapa orang menganggap bahwa drone bisa menjadi hobi yang mahal. Meskipun ada banyak drone mahal yang menawarkan banyak fitur, pabrikan juga menyediakan drone kecil dan ringan yang harganya kurang dari 500 ribu . Tentunya dengan harga yang lebih tinggi, Anda mendapatkan lebih banyak fitur. Terlepas dari kenyataan ini, drone ramah anggaran paling baik untuk pemula karena mereka cenderung lebih sering menjatuhkannya.

7. Drone Digunakan Untuk Tujuan Kemanusiaan

Perangkat ini juga digunakan untuk mengaktifkan komunikasi di area yang kurang dapat diakses. Selain itu, drone dapat digunakan untuk mengirimkan makanan dan obat-obatan di zona perang yang terlalu berbahaya untuk mengirim helikopter. Mereka juga lebih kecil dan dapat mengakses lebih banyak area dalam waktu yang lebih singkat.

8. Drone Bisa Digunakan Untuk Bertani

Seorang petani juga dapat menggunakan drone untuk mensurvei tanaman. Dengan cara ini mereka dapat menggunakan rekaman untuk melihat tanaman mana yang terpengaruh. Lebih mudah menggunakan drone untuk pengawasan karena mereka dapat mencakup lebih banyak area daripada kamera video biasa.

9. Drone Digunakan Untuk Merekam Acara

Saat ini, drone bahkan digunakan untuk merekam acara penting seperti pertandingan olahraga, konser, dan festival. Metode ini lebih mudah digunakan daripada metode perekaman lainnya dan dapat dengan mudah dipindahkan dari satu area ke area lain.

10. Drone pertama dibuat di Israel

Pada tahun 1973, Israel mengembangkan drone pertama yang berfungsi sebagai mesin pengintai tak berawak untuk keperluan militer. Saat ini, Israel adalah pengekspor drone pertahanan dan teknologi drone terbesar di dunia.

11. Drone Bersenjata Pertama Dibuat Untuk Membunuh Teroris Terkenal

Selama pergantian milenium baru, pesawat tak berawak Predator bersenjata mencari Osama Bin Laden. Sebulan setelah serangan 9/11, MQ-1 Predator telah menyerang panglima militer Al-Qaeda, Mohammed Atef, dengan membom rumahnya di Afghanistan. Itu adalah pembunuhan pertama yang diketahui menggunakan drone bersenjata.

Baca Juga :  Berikut Harga IPhone 11 Pro Max Dari Tahun Ke Tahun, Cek Spesifikasi Terbarunya Di Sini

12. Ada Drone Yang Cukup Besar Untuk Mengangkut Manusia

Tahun lalu, pembuat drone Cina meluncurkan drone pertama yang mampu membawa manusia. Itu terlihat seperti helikopter kecil yang berisi empat baling-baling berlipat ganda seperti drone pada umumnya. Quadcopter bertenaga listrik dapat terisi penuh dalam dua jam, membawa hingga 100 kilogram dan terbang selama 23 menit.

13. Drone Digunakan Untuk Mengirim Obat-Obatan Ke Pedalaman

Perusahaan start-up drone dari Silicon Valley, telah menerapkan teknologi drone pengirimannya sendiri di beberapa area yang sulit dijangkau di dunia. Teknologi drone perusahaan digunakan untuk mengirimkan persediaan medis dan alat diagnostik di berbagai wilayah seperti Bhutan, Haiti, Papua Nugini, dan Republik Dominika. Pesawatnya terbukti mahir mengirimkan obat-obatan dan mengambil sampel medis ke tempat-tempat yang sering tidak dapat diakses karena jalan yang buruk, cuaca buruk, dan masalah lainnya.

14. Drone digunakan untuk melindungi gajah dari pemburu

Perburuan gajah merupakan masalah di Kenya, karena beberapa warga negara Asia secara ilegal mengumpulkan gading gajah untuk dijual. Ahli konservasi di Cagar Alam Kenya menggunakan Google Earth dan drone untuk menjauhkan gajah dari bahaya dan daerah konflik manusia. Drone adalah masa depan konservasi karena dapat melakukan tugas 50 jagawana.

15. Drone seukuran serangga sedang dikembangkan

Universitas TU Delft di Belanda menciptakan drone ornithopter terkecil dengan kamera. Tujuan dari teknologi ini adalah untuk memahami penerbangan serangga dan menemukan kemampuannya. Selain itu, pesawat itu dikembangkan untuk aplikasi praktis, seperti terbang melalui celah beton untuk mencari korban gempa atau menjelajahi bangunan yang terkontaminasi radioaktivitas. Agen militer dan mata-mata juga melihat potensi drone kecil sebagai mata-mata dan pengintai.

Baca Juga :  Juni 2022, Xiaomi Luncurkan Ponsel Gaming Black Shark 5 Dan 5 Pro

16. Jenis Drone Berdasarkan Jumlah Baling-Baling

Dari segi jumlah mesin dan kekuatannya dalam drone, kita edapat membedakan empat kategori drone:

– Tricopters
– Quadcopters
– Hexacopters
– Gurita

17. Pemetaan dan Pelestarian Situs Arkeologi

Seiring berjalannya waktu, situs arkeologi bisa terdegradasi, dan bahkan terancam punah tanpa bisa dikenali.

Drone membantu para arkeolog untuk membuat peta 3D rinci dari situs penting, sehingga meskipun memudar seiring waktu, replika akurat akan tetap ada yang dapat dipelajari dan digunakan sebagai sumber daya untuk generasi mendatang.

Pemetaan drone memberikan cara yang cepat, akurat, dan non-invasif untuk mendokumentasikan situs arkeologi, membuat catatan sejarah warisan budaya suatu negara, dan memberikan kumpulan data dan model yang kaya kepada para arkeolog untuk digunakan dalam penelitian lebih lanjut.

18. Menemukan dan Meledakkan Ranjau Darat dengan Aman

Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun di India bernama Harshwardhan Zala membuat berita baru-baru ini karena menemukan drone yang dapat mendeteksi dan meledakkan ranjau darat.

Drone ini dilengkapi dengan inframerah, sensor RGB, dan pengukur termal bersama dengan kamera 21 megapiksel dengan rana mekanis yang dapat mengambil gambar resolusi tinggi. Ia bekerja dengan mendeteksi ranjau darat dari kejauhan, dan kemudian, setelah area tersebut dibersihkan, menjatuhkan bom kecil untuk menghancurkan ranjau darat dengan aman.

19. Drone Membantu Petugas Pemadam Kebakaran

Dengan menggunakan termografi udara, drone dapat terbang di atas pemandangan api yang hampir keluar untuk mengidentifikasi titik panas membara yang mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang. Termografi udara juga dapat membantu menemukan dengan cepat calon korban kebakaran yang membutuhkan perhatian medis segera pada kebakaran yang masih membara.

Kita dapat mengatakan bahwa drone masih tergolong baru sebagai mesin terbang dengan masa depan yang penuh kemungkinan. Anda dapat merasakan pengalaman menggunakannya dengan mencoba beberapa drone komersial.

Also Read