Serangan 3 Drone Dari Ukraina Merusak 2 Gedung Di Moskow, 1 Orang Terluka

Redaksi

Serangan 3 Drone Dari Ukraina Merusak 2 Gedung Di Moskow, 1 Orang Terluka

Corong Nusantara – Tiga drone yang berasal dari Ukraina menyerang Kota Moskow, Rusia pada pagi hari Minggu (30/7/2023).

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa satu drone berhasil dihancurkan oleh sistem pertahanan udara di wilayah distrik Odintsovo, Moskow, sedangkan dua drone lainnya menghantam dua gedung di kompleks bangunan non-perumahan di Kota Moskow.

“Pada pagi hari tanggal 30 Juli 2023, upaya serangan teroris rezim Kyiv dengan kendaraan udara tak berawak di objek-objek di kota Moskow digagalkan,” kata Kementerian Pertahanan Rusia melalui saluran Telegramnya.

Seorang satpam dilaporkan terluka akibat ledakan drone di sebuah gedung bernama Oko-2. Serangan pesawat tak berawak itu menyebabkan pecahnya kaca dari lantai satu hingga lantai empat gedung tersebut.

Wali Kota Moskow, Sergey Sobyanin, sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa kota tersebut memang menjadi target serangan dari drone Ukraina pada pagi hari yang sama. Akibat serangan ini, dua gedung perkantoran di Kota Moskow mengalami kerusakan ringan. Salah satu gedung dengan 50 lantai mengalami kerusakan pada fasadnya di lantai lima dan enam.

Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat serangan ini, dan tidak terjadi kebakaran di lokasi serangan. Sebagai langkah pencegahan, pihak berwenang segera melakukan evakuasi terhadap orang-orang di sekitar area serangan.

Baca Juga :  Desa Di Ukraina Diterjang Banjir, Terbebas Dari Serangan Militer Rusia

Insiden ini menyebabkan Bandara Ibu Kota Vnukovo ditutup untuk sementara waktu, namun dalam kurang dari satu jam, operasi di bandara tersebut kembali normal.

Serangan drone ini menjadi keempat kalinya yang terjadi di Moskow, meningkatkan kekhawatiran akan kerentanan kota terhadap serangan dari Ukraina.

Menanggapi serangan tersebut, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa serangan semacam itu tidak mungkin terjadi tanpa bantuan yang diberikan oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO kepada Ukraina.

Sebelumnya, pada tanggal 28 Juli 2023, Kementerian Pertahanan Rusia juga melaporkan telah menembak jatuh drone Ukraina di luar wilayah Moskow. Pada tanggal 24 Juli 2023, dua drone lagi menghantam Moskow, di mana salah satunya jatuh di dekat markas Kementerian Pertahanan Rusia di sepanjang Sungai Moskow dan drone lainnya menghantam sebuah gedung perkantoran di Moskow selatan, menghancurkan beberapa lantai atas.

Also Read