2 Cara Menghapus Akun Telegram Permanen di HP yang Wajib Dicoba

Redaksi

Cara Menghapus Akun Telegram Permanen di HP

Cara Menghapus Akun Telegram Permanen di HP – Telegram menjadi salah satu aplikasi chatting online teraman saat ini dengan dukungan enkripsi paling canggih. Lalu lintas pesan di Telegram tidak akan diakses oleh siapa pun, kecuali pengirim dan penerima pesan itu sendiri. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa masih banyak orang yang lebih memilih menggunakan Telegram untuk aktivitas chattingannya.

Sudah memiliki akun Telegram, karena alasan tertentu mungkin Anda ingin menghapus akun tersebut. Sayangnya, tidak banyak yang tahu cara untuk menghapus akun Telegram tersebut, khususnya untuk penghapusan permanen. Berikut cara menghapus akun Telegram permanen di HP yang mudah bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Menghapus Akun Telegram Permanen di HP

Di Telegram memang tidak disediakan fitur khusus untuk menghapus akun yang sudah dibuat sebelumnya. Karena itulah, banyak pengguna yang bingung ketika ingin menghapus akun miliknya tersebut. Meski tidak ada fitur khusus untuk penghapusan akun Telegram, namun ada trik lain yang fungsinya tidak jauh berbeda yakni dapat menghapus akun Telegram secara permanen.

Adapun cara menghapus akun Telegram permanen di HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Mengaktifkan Fitur Hapus Akun Otomatis

Di Telegram memang tidak disediakan fitur untuk menghapus akun secara langsung dan permanen. Namun, ada fitur serupa yang fungsinya untuk menghapus akun Telegram jika pengguna tidak aktif selama rentang waktu yang ditentukan. Di sini Anda bisa memilih rentang waktu yang paling pendek agar akun Telegram segera dihapus secara pemanen oleh sistem. Untuk cara mengatur waktu penghapusan akun Telegram otomatis tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama Anda buka aplikasi Telegram seperti biasa di HP android. Pastikan HP yang digunakan sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Pada halaman Obrolan Telegram, selanjutnya Anda klik menu Tiga Garis yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  3. Akan muncul beberapa opsi di sana, selanjutnya Anda klik pada opsi Pengaturan atau Settings.
  4. Kemudian Anda masuk ke opsi Privasi dan Keamanan atau Privacy and Security.
  5. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Hapus Akun Saya atau Delete My Account. Klik opsi yang ada di bawahnya, kemudian atur ke rentang waktu terpendek yakni 1 bulan. Artinya akun Telegram akan dihapus secara permanen jika Anda tidak mengaktifkan Telegram selama lebih dari 1 bulan.
Baca Juga :  Cara Melihat Nomor XL Sendiri di HP Terbaru 2023

Sebenarnya Anda bisa memilih rentang waktu penghapusan otomatis mana saja sesuai keinginan. Tetapi, jika penghapusan akun ingin lebih dipercepat, maka 1 bulan adalah pilihan paling tepat.

Langkah 2. Menghapus Aplikasi Telegram

Untuk mengantisipasi akun Telegram dibuka atau aktif baik sengaja maupun tidak, maka Anda bisa melakukan penghapusan atau uninstall pada aplikasi tersebut. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Manajemen Aplikasi atau Apps Management.
  3. Lanjutkan dengan klik Daftar Aplikasi, lalu cari dan pilih aplikasi Telegram.
  4. Selanjutnya klik tombol Uninstall / Hapus Instalasi / Bongkar Aplikasi.
  5. Selesai.

Selanjutnya Anda jangan pernah membuka akun Telegram lagi sebelum melebihi rentang waktu yang ditentukan tadi. Nantinya akun Telegram Anda akan secara otomatis dihapus secara permanen oleh sistem.

Itulah tadi cara menghapus akun Telegram permanen di HP android yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Also Read