DPL dan Peserta KKN Kebangsaan Ikuti Pembekalan

Redaksi

ALANGKA RAYA/Corong Nusantara.CO,.ID Civitas akademika Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Panitia Pelaksana KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Tahun 2022 menggelar kegiatan pembekalan bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan seluruh peserta dari 73 perguruan tinggi, yang dilaksanakan secara daring, Kamis (7/7/2022).

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Suandi Sidauruk SPd MPd dalam sambutannya menyampaikan, KKN merupakan rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa di tingkat perguruan tinggi.

“Salah satu metode untuk meningkatkan kompetensi apektif mahasiswa adalah mengikuti kegiatan KKN, mengingat pelaksanaan kegiatan KKN bersifat terjun langsung ke masyarakat dan sangat berdampak positif dalam peningkatan aspek komunikasi, bergagasan, adapatasi lingkungan serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok,” ucapnya.

Walaupun kegiatan KKN Kebangsaan dan KKB Bersama tahun 2022 hanya berlangsung selama 3 bulan, diharapkan kompetensi yang didapatkan selama di lapangan dapat diraih oleh seluruh peserta.

“Pemerintah bersama seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama tahun 2022, telah berupaya agar pelaksanaan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar serta optimal demi kemajuan pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Sehingga seluruh peserta diharapkan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ujarnya.

Ketua Pelaksana KKN Kebangsaan dan KKN Bersama tahun 2022 sekaligus Ketua LLPM UPR Dr Ir Aswin Usup MSc dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pembekalan bagi DPL dan mahasiswa ini bertujuan, agar seluruh peserta dapat mengenal daerah serta lokasi dari pelaksanaan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama, sekaligus mempererat silaturahmi antara peserta dan dosen pembimbing masing-masing.

“Dengan terjalinnya silaturahmi serta komunikasi yang intens antara dosen pembimbing dan peserta, dapat tercipta chemistry yang baik pada saat seluruh peserta hadir dari 73 perguruan tinggi di Indonesia tiba di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 16 Juli mendatang,” ucapnya.

Dijelaskan, kegiatan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama tahun 2022 ini juga bekerja sama dengan Komando Resort Militer (Korem) 102/PJG. Seluruh peserta yang datang ke Kota Palangka Raya akan diberikan pembekalan/materi khusus dari TNI selama 3 hari, yakni Pembinaan Jiwa Korsa.

“Kita berharap agar seluruh peserta dapat menyiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk mental dan fisik. Kemudian 17 Juli 2022, kita akan melaksanakan pembukaan kegiatan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama, peserta diwajibkan menggunakan almamater masing-masing dan kegiatan ini akan dibuka secara langsung oleh mantan Presiden RI ke-5 Ibu Megawati Soekarno Puteri walaupun secara daring, serta diisi oleh sejumlah tokoh nasional, Hasto Kristianto, Jenderal TNI Abdurrahman, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Risert dan Teknologi (Mendisbudristek) RI Nadiem Makarim untuk memberikan materi kepada peserta,” pungkasnya. nvd

Also Read

Tags