FK UPR Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan XXI

Redaksi

PALANGKA RAYA/Corong Nusantara – Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK-UPR) menggelar Sidang Terbuka Senat dengan mengusung kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan XXI, di gedung serbaguna FK-UPR, jalan Hendrik Timang, Selasa (2/8/2022).

Dekan FK-UPR, Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd, DI.P, saat dikonfirmasi Tabengan mengatakan, bahwa kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter merupakan agenda yang wajib dilaksanakan oleh FK-UPR, sebelum Dokter baru menyandang gelar Dokter dan terjun ke masyarakat.

“Memang kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang selalu kita laksanakan sebelum Dokter baru menyandang gelar Dokter dan nantinya terjun ke masyarakat. Karena didalam sumpah tersebut mereka harus bisa mempertanggungjawabkan seluruh hal-hal yang berkaitan dengan bunyi sumpah, terutama mengutamakan kepentingan pasien dibandingkan kepentingan pribadi,” ucapnya.

Ia juga berharap kedepannya para Dokter lulusan FK-UPR bisa terus mengembangkan ilmu dan mendharma baktikan pelayanan kesehatan, dalam rangka membawa nama baik almamater FK-UPR.

“Sebagai Dokter, mereka harus memegang sumpahnya selama hayat masih di kandung badan serta dapat mengembangkan diri dalam mengupdate ilmu yang mereka miliki, sehingga dalam mendarma baktikan pelayanan kesehatan bisa membawa nama baik Almamater kedokteran UPR,” ujarnya.

Kendati demikian, ia mengingatkan kepada Dokter baru agar siap ditempatkan dimana saja termasuk diwilayah pelosok Bumi Tambun Bungai. Pasalnya, masih banyak wilayah pelosok yang kekurangan tenaga medis dan penempatan tugas diwilayah pelosok merupakan bagian daripada Tridarma Pendidikan serta menjadi salah satu sumpah dokter yakni pengabdian kepada masyarakat.

“tentunya saya selalu mengingatkan agar para Dokter lulusan FK-UPR selalu siap ditempatkan dimana saja oleh Pemerintah, termasuk di pelosok Kalteng. Apalagi faktanya sampai saat ini masih banyak kawasan pelosok desa yang kekurangan tenaga medis terutama Dokter,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan XXI diikuti sebanyak 4 orang Dokter baru dan dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Hukum, Organisasi SDM dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Suwandi Sidauruk, M.Pd serta unsur pimpinan FK-UPR.Nvd

Also Read

Tags